Evaluasi Sentimen Ulasan Pengguna CGV Cinemas Indonesia Menggunakan Metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine

Muhamad Ali Zaenal Abidin

Abstract


Perkembangan teknologi digital telah mendorong masyarakat untuk menggunakan aplikasi pemesanan tiket bioskop secara daring, termasuk CGV Cinemas Indonesia. Namun, meningkatnya jumlah ulasan dari pengguna aplikasi di Google Play Store memunculkan tantangan dalam mengidentifikasi persepsi pengguna secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna terhadap aplikasi CGV Cinemas Indonesia dan membandingkan performa algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM) dalam klasifikasi sentimen. Data dikumpulkan dari Google Play Store sebanyak 4.600 ulasan (2.300 ulasan positif dan 2.300 negatif) melalui teknik web scraping. Proses analisis mencakup tahap preprocessing teks, balancing, ekstraksi fitur menggunakan TF-IDF, pelatihan model dengan Python dan Google Colab, serta evaluasi kinerja model menggunakan metrik akurasi, presisi, recall, dan F1-score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Naïve Bayes lebih unggul dibandingkan SVM, dengan akurasi sebesar 90,38% dan F1-score sebesar 90,46%, sedangkan SVM memperoleh akurasi sebesar 88,88% dan F1-score 89,08%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Naïve Bayes lebih efektif dalam klasifikasi sentimen ulasan pengguna aplikasi CGV. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penerapan analisis sentimen untuk mendukung evaluasi layanan digital berbasis opini pengguna secara otomatis dan akurat.


Full Text:

PDF

References


M. Yusuf Rismanda Gaja, I. Maulana, and O. Komarudin, “ANALISIS SENTIMEN OPINI PENGGUNA APLIKASI VIDIO PADA ULASAN PLAYSTORE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 4, pp. 2767–2774, Jan. 2024, doi: 10.36040/jati.v7i4.7197.

A. Pebdika, R. Herdiana, and D. Solihudin, “KLASIFIKASI MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES UNTUK MENENTUKAN CALON PENERIMA PIP,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 452–458, Mar. 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6303.

H. Eldo, A. Ayuliana, D. Suryadi, G. Chrisnawati, and L. Judijanto, “Penggunaan Algoritma Support Vector Machine (SVM) Untuk Deteksi Penipuan pada Transaksi Online,” J. Minfo Polgan, vol. 13, no. 2, pp. 1627–1632, Oct. 2024, doi: 10.33395/jmp.v13i2.14186.

P. K. Sari and R. R. Suryono, “KOMPARASI ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE DAN RANDOM FOREST UNTUK ANALISIS SENTIMEN METAVERSE,” J. Mnemon., vol. 7, no. 1, pp. 31–39, Feb. 2024, doi: 10.36040/mnemonic.v7i1.8977.

K. C. Astuti, A. Firmansyah, and A. Riyadi, “Implementasi Text Mining Untuk Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Ulasan Aplikasi Digital Korlantas Polri pada Google Play Store,” REMIK Ris. dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 8, no. 1, pp. 383–394, 2024, doi: http://doi.org/10.33395/remik.v8i1.13421.

M. Y. Asyhari, J. Juwari, E. D. Hapsari, and S. Yulianto, “Pendekatan Metode Kolokasi untuk Text Processing Ulasan Aplikasi Android Surveilans Penyebaran Covid-19 di Indonesia,” J. Inf. Syst. Dev., vol. 8, no. 1, pp. 33–42, Feb. 2023, doi: 10.19166/isd.v8i1.586.

M. Z. Haq, C. S. Octiva, A. Ayuliana, U. W. Nuryanto, and D. Suryadi, “Algoritma Naïve Bayes untuk Mengidentifikasi Hoaks di Media Sosial,” J. Minfo Polgan, vol. 13, no. 1, pp. 1079–1084, Jul. 2024, doi: 10.33395/jmp.v13i1.13937.

M. Apriliyani, M. I. Musyaffaq, S. Nur’Aini, M. R. Handayani, and K. Umam, “Implementasi analisis sentimen pada ulasan aplikasi Duolingo di Google Playstore menggunakan algoritma Naïve Bayes,” AITI, vol. 21, no. 2, pp. 298–311, Sep. 2024, doi: 10.24246/aiti.v21i2.298-311.

R. B. Gumilar, Y. Cahyana, C. E. Sukmawati, and A. M. Siregar, “Analisa Perbandingan Algoritma Support Vector Machine dan K-Nearest Neighbors Terhadap Ulasan Aplikasi Vidio,” J. Inf. Syst. Res., vol. 5, no. 4, pp. 1188–1195, Jul. 2024, doi: 10.47065/josh.v5i4.5640.

B. Betesda, H. Purwanto, H. Nuryadi, D. Sinaga, S. J. Al Din, and D. Y. Al Afghani, “ANALISA SENTIMEN DATA ULASAN PADA GOOGLE PLAY DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DAN SUPPORT VECTOR MACHINE,” J. Sains dan Teknol. ISTP, vol. 22, no. 01, pp. 08–15, Dec. 2024, doi: 10.59637/jsti.v22i01.423.

A. Y. Lubis and M. Y. H. Setyawan, “Analisis Sentimen Terhadap Aplikasi Pospay Menggunakan Algoritma Support Vector Machine dan Naive Bayes,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 514–521, Jul. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i3.1310.

M. A. Java, Mohammad Syafrullah, W. Windarto, and P. Painem, “Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Threads pada Google Play Store Menggunakan Multinomial Naive Bayes dan Support Vector Machine,” J. Ticom Technol. Inf. Commun., vol. 12, no. 2, pp. 75–80, Jan. 2024, doi: 10.70309/ticom.v12i2.112.

V. Fazrian, T. Suprapti, and R. Narasati, “PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES TERHADAP ANALISIS SENTIMEN APLIKASI GAME MULTIPLAYER ONLINE BATTLE ARENA,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1005–1012, Mar. 2024, doi: 10.36040/jati.v8i1.8432.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v11i1%20JUNI.27099

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License