Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Dan Pembayaran Berbasis Visual Pada Pamdes Kretek Kebumen

Siti Rohyani - AMIK BSI Purwokerto, Saifudin - AMIK BSI Yogyakarta

Abstract


ABSTRACT - Entering the era of information technology drove immediately, the computer is the equipment created to facilitate the work of man, when the good progress in the manufacture of hardware and software. At this time PAMDes Kretek is a community based organization that specializes in the management of clean water. The existing system in PAMDes Kretek is still done manually, ranging from customer registration, payment of water bills to the storage of data relating to the process to preparing reports, making it possible during the process there was an error in recording, lack of accurate reports created and delays in the search for the required data. PAMDes clove membutukan information systems to support and provide satisfactory service to customers. Particularly the registration and payment system PAMDes Kretek which until now has not been computerized. The design of the information system is the best solution to solve the problems that exist in self-help groups PAMDes Kretek, with a computerized system can achieve an activity which is effective and efficient in supporting the activities of the self-help groups PAMDes Kretek. The system implemented more effective and efficient and very helpful system of registration and payment in PAMDes Kretek.

Keywords:  Information Design System, Registration, Payment System, Visual

 

ABSTRAK - Memasuki era teknologi informasi yang melaju dengan cepatnya, komputer merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware maupun software. Pada saat ini PAMDes Kretek merupakan kelompok swadaya masyarakat yang bergerak dalam bidang pengelolaan air bersih. Sistem yang ada di PAMDes Kretek masih dilakukan secara manual, mulai dari pendaftaran pelanggan, pembayaran tagihan air sampai penyimpanan data-data yang berhubungan dengan proses tersebut sampai pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. PAMDes kretek membutukan sistem informasi untuk menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan. Khususnya sistem pendaftaran dan pembayaran PAMDes Kretek yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Perancangan sistem informasi merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada kelompok swadaya masyarakat PAMDes Kretek, dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada kelompok swadaya masyarakat PAMDes Kretek. Sistem yang diterapkan berjalan lebih efektif dan efisien dan sangat membantu sistem pendaftaran dan pembayaran di PAMDes Kretek.

Kata Kunci: Perancangan Sistem Informasi, Pendaftaran, Pembayaran, Visual


Full Text:

PDF

References


Amborowati, Armadyah. 2007. Pengantar Pemrograman Terstruktur. Yogyakarta: CV. Andi OFFSET.

Fathansyah, Ir. 2007. Basis Data. Bandung: INFORMATIKA.

Fatta, Hanif Al. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: CV. Andi OFFSET.

Ferdinandus, Wowor, Lumenta dan Rumagit. 2012. Perancangan Aplikasi Surat Masuk Dan Keluar Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sulutenggo. Manado: Jurnal Teknik Elektro dan komputer. Vol. 1. No. 1.

Junaedi, Fajar. 2007. Algoritma dan Pemrograman. Jakarta: Slemba Informatika.

Kursini dan Andri Konio. 2007. Membangun Sistem informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Sever. Yogyakarta: CV. Andi OFFSET.

Nugroho, Bunafit. 2008. Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver Mx(6,7,2004) dan 8. Yogyakarta: GRAHA MEDIA.

Rosa dan Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA.

Sibero, Alexander F.K. 2010. Dasar-dasar Visual Basic.Net. Yogyakarta: Penerbit Mediakom.

Simarmata, Janner dan Iman Paryudi. 2010. Basis Data. Jogyakarta: CV. Andi OFFSET.

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Jogyakarta: CV. Andi OFFSET.

Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syafii, M. 2008. PHP Secret for Webmaster. Yogyakarta: CV. Andi OFFSET.

Wahyono, Teguh. 2009. Practice Guide PHP On Windows. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wahana Komputer. 2010. Panduan Belajar MySQL Database Server. Semarang: Media Kita.

Yatini B, Indra.2010. Flowchart. Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Bahasa C++ Builder. Yogyakarta: GRAHA ILMU.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v3i1.2604



 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License