Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Pada PT. Arina Multikarya Jakarta

Leo Perkasa Wijaya, Susy Rosyida

Abstract


Perkembangan zaman saat ini telah memudahkan berbagai aspek kehidupan melalui sistem informasi. Hal ini termasuk kemampuan untuk lebih mudah dan akurat memantau stok gudang. Pada PT. Arina Multikarya Jakarta, barang masuk dan keluar di gudang masih menggunakan metode manual, tujuan utama dari sistem informasi persediaan barang ini untuk pemantauan kinerja dan analisis data yang terkait dengan operasional gudang. Melalui sistem ini, dapat mengakses laporan-laporan yang dihasilkan oleh sistem untuk mengevaluasi kinerja gudang, memahami tren, dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Analisis ini akan membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dalam pengelolaan gudang dan dalam meningkatkan efisiensi operasionalnya. Sistem informasi persediaan barang juga memungkinkan pengelolaan inventaris atau persediaan barang di gudang menjadi lebih efisien. Dapat dengan mudah melihat stok barang yang tersedia, melakukan pembaruan, mengatur pemesanan, dan memantau pergerakan barang secara real-time. Hal ini membantu mengurangi risiko kekurangan atau kelebihan stok barang. Selain itu, sistem ini dapat melakukan pelacakan yang akurat terhadap pergerakan barang di dalam gudang. Dengan sistem pencatatan yang terintegrasi, dapat melacak asal-usul, jumlah, dan lokasi setiap barang yang masuk atau keluar dari gudang. Dapat meningkatkan visibilitas terhadap aliran barang dan memudahkan pengendalian inventaris. Dalam pembuatan sistem informasi persediaan barang berbasis website, metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model spiral, yang terdiri dari tahapan komunikasi dengan pelanggan, perencanaan, analisis risiko, perekayasaan, konstruksi, peluncuran, dan evaluasi pelanggan. Penggunaan sistem informasi telah mempermudah PT. Arina Multikarya dalam melihat data stok secara real-time dalam operasional gudangnya.

               

Kata kunci: Persediaan Barang, Sistem Informasi

 


Full Text:

PDF

References


Adhie, R., Sudirja, A. F., & Siregar, R. A. (2023). Perancangan Sistem Inventory Barang Pada Toko Rahman Jaya Berbasis Web Menggunakan Metode Spiral. JRIIN: Jurnal Riset Informatika Dan Inovasi, 1(1), 1–9.

Alda, M. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Bandung: Media Sains Indonesia.

Alhadi, A., Riani, D., & Afrianto, Y. (2023). Sistem Informasi Persediaan Barang Sederhana PT. Wiseman Mulia Sejahtera Dengan Aplikasi Barang dan persediaan Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya: SINKRON, 1(1). https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i1

Anggraeni, E. Y. (n.d.). Pengantar Sistem Informasi (E. Risanto, Ed.). Andi.

Apriyanti, N., Putra, M. Y., & Apriani, R. (2022). Sistem Informasi Persediaan Barang Menggunakan Rapid Application Development Pada Yayasan Rumah Qur’an Violet Indonesia. Informatics for Educators and Professional: Journal of Informatics, 7(1), 74–83.

Harfizar, Prasetyo, R. D., & Sari, M. I. (2022). Rancang Bangun Website Sistem Informasi Inventory Barang Pada PT Oni Utama Sukses. Indonesian Journal Accounting (IJAcc), 3(2), 92–100.

Iqbal, T., Aprizal, D., & Wali, M. (2017). Aplikasi Manajemen Persediaan Barang Berbasis Economic Order Quantity (EOQ). Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 1(1), 48–60. https://doi.org/10.35870/JTIK.V1I1.33

Martogi, E., Silitonga, A., Dwi, R., & Muhardi, H. (2022). Aplikasi Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Mobile Web pada Toko Alfa Ban Mobile Web-Based Inventory Information System Application at Alfa Ban Stores. Jurnal Aplikasi Dan Riset Informatika, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.26418/juara.v1i1.53129

Muller, M. (2019). Essentials of inventory management (berilustra). HarperCollins Leadership.

Perdana, F. R., Bahauddin, A., & Rizki, I. (2023). Perancangan Sistem Transaksi dan Inventory Berbasis Web Pada Toko Material TB Karya Raya Menggunakan Metode Waterfall. JORAPI : Journal of Research and Publication Innovation, 1(3), 562–567.

Pratama, A., & Rusliyawati. (2023). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(2), 114–120.

Putri, R. A. (2022). Basis Data Buku Ajar. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Renaldy, & Rustam, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Inventory Berbasis Web Pada Gudang Di Pt. Spin Warriors. Journal Homepage, 4(1), 27–32.

Sari, A. O., & Nuari, E. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Metode Fast (Framework for the Applications). Jurnal PILAR Nusa Mandiri, 13(2), 261.

Syamsudin, A. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, pp. 403–413.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v9i2.16966

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License