SI KALORI: Sistem Pakar Penghitung Jumlah Ideal Kalori Harian Berbasis Mobile

Suleman Suleman, Husni Faqih, Hendra Lesmana, Bernadette Cahya Putri Utami

Abstract


Gaya hidup masyarakat saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, dengan banyaknya pilihan makanan cepat saji menambah daftar makanan yang memiliki resiko tinggi terhadap kualitas kesehatan manusia jika tidak dibarengi dengan pola hidup yang sehat, baik dan benar. Tidak tertatanya pola makan dan tidak seimbangnya asupan kalori dalam tubuh menjadi paling umum dari penyakit-penyakit yang marak seperti Obesitas, Diabetes, dan Penyakit Jantung. Kalori adalah salah satu nilai terpenting untuk menjaga berat badan seimbang. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara menurunkan berat badan yang baik dan benar, mengetahui cara menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan, dan membantu orang yang kesulitan menurunkan berat badan. Perancangan sistem pakar ini merupakan solusi yang bisa dipilih bagi masyarakat sebagai upaya untuk menyeimbangkan jumlah kebutuhan asupan kalori dapat diatur secara lebih maksimal dan efektif. Serta, membantu mereka yang memiliki berat badan berlebih atau penyakit yang disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang untuk lebih sadar akan langkah-langkah apa yang harus diambil untuk memiliki tubuh yang sehat dengan kalori yang sesuai dengan tubuh mereka sendiri. Sistem pakar ini akan memvalidasi kebutuhan pengguna untuk mulai bekerja pada penurunan berat badan. Dari hasil pengujian, Sistem Pakar dapat ini dapat mengatasi masalah dalam menjalankan program diet yang tepat dengan menyesuaikan pola makan dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh pada manusia.

 

Kata Kunci : Sistem Pakar, Kesehatan, Penghitung Kalori, Android


Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. (2017). Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, Neural Network, dan Deep Learning. No. Yayasan Cahaya Islam, Jurnal Teknologi Indonesia.

Connolly, T., Begg, C. (2018). Database Systems: a practical approach to design, implementation, and management. 5th Edition. America: Pearson Education.

Dahria, Muhammad. (2018). Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi. Jurnal SAINTIKOM. Jurnal 10(3).

Hayadi, B. H. (2018). Sistem Pakar. Deepublish.

Jusak, I. (2017). Sistem Pakar. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya (STIKOM). Surabaya: STIKOM Offset

Kemenkes. (2018). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kemenkes.

Kusrini. (2018). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Penerbit Andi

Kurniawan, L., & Waluyanti, S. (2017). “MEDCA” BMI (BODY MASS INDEX)

Nadhir. (2018). SISTEM PAKAR PROGRAM DIET MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. SNATIF, 5(1)

.

O’Brien dan Marakas, (2018). Management System Information. McGraw Hill, New York.

Praptininsih, Yulia Eka. (2018). Aplikasi Penyewaan Ruangan PT.SIMAERU INDONESIA RAYA Dengan Visual Basic 6.0. Universitas Gunadarma: Jurnal 6(1).

Ranu Baskora A.P., Sutardji, Oktia Woro. (2019). Sistem Informasi Perencanaan Pola Hidup Sehat melalui Keseimbangan Aktivitas dan Asupan Makanan. Universitas Negeri Semarang

Seagrave, Wyken. (2018). Basic 4 Android : Easiest and Most Powerful Rapid App Development Tool Available. Penny Press Ltd.

Santya, T., & Suharyanto. (2019). Sistem Pakar Menentukan Maksimal Kalori Harian Berbasis Mobile. Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS), 1(2).

Zal, R. (2018). Desain Aplikasi untuk Menghitung Kebutuhan Kalori Harian dengan Algoritma Mifflin-St Jeor dan Harris-Benedict Berbasis Android. Journal Scientific and Applied Informatics, 1(2), 49–53.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v9i1.15906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License