Analisa Minat Pelanggan Terhadap Produk Skincare Msglowskincare Nina Depok Dengan Algoritma Apriori

Rosi Kusuma Serli, Utary Ummi Amelya

Abstract


Menentukan minat dari customer dan produk yang banyak terjual pada produk tersebut. Msglow sendiri juga tidak hanya fokus pada skincare kulit wajah saja, melainkan terdapat produk bodycare dan cosmetic. Terdapat penjualan selama 1 tahun pada toko MsglowSkincare_Nina Depok. Metode yang diterapkan pada data mining ini menggunakan metode Assosication Rulues dalam mencari keterkaitan dan banyak produk yang terjual dengan menggunakan Algoritama Apriori . Pengambilan keputusan dengan metode Apriori membutuhkan database dari toko terkait untuk mencari itemset tertinggi dari suatu database. Hasil dari penelitian dengan menggunakan algoritma apriori untuk mengetahui produk yang minatnya paling banyak terjual oleh konsumen dalam melakukan pembelian produk yang telah di analisis dapat ditemukan setelah menggunakan perbandingan yang telah ditentukan pada minimum Support dan minimum Confidence yang berbeda berdasarkan data penjualan yang ada. Pada nilai minimum Supprot yaitu 8% dan Confidence 60% menghasilkan sepuluh auran asosiasi. Salah satu contohnya yaitu jika membeli Acne Series maka 67% (Kepastian customer dalam membeli item) akan membeli Whitening Series. Dari data yang dihasilkan pada aturan yang diperoleh, dapat ditemukan produk apa saja yang sering dibeli atau diminati secara bersamaan oleh setiap customer. Laporan ini dapat membantu pihak pemilik toko dalam persedian stok, agar tidak terjadi kehabisan produk jika customer ingin membeli.

 

Kata kunci: Association rules, Algoritma Apriori, Minat Beli, Confidence, Support, Konsumen.


Full Text:

PDF

References


Ammah, M., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Testimoni Pada Klinik Kecantikan Ms Glow Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1600–1609. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42604

Djamaludin, I., & Nursikuwagus, A. (2017). Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 671. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1566

Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title.

Haryati, S., Sudarsono, A., & Suryana, E. (2015). Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu). Jurnal Media Infotama, 11(2), 130–138.

Juliano, C., Antonio, G., Kimia, D., Sassari, U., & A, V. M. (2018). Bahan Fungsional Kosmetik dari Botanical. 10, 5–10. https://doi.org/10.3390/kosmetik5010019

Nurchalifatun, F. (2017). Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan. Data Mining.

S. Sari, Arum, Y. : A. N. (2018). Implementasi Data MiningMenggunakan Weka. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=p91qDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=fungsi+dasar

+data+mining&ots=os3shHmYAo&sig=WE1Ohvak9o7gzhl8DCh/o7UW8jvw&redir_esc=y#v=onepag e&q=fungsi dasar data mining&f=false

Sofyan. (2019). Implementation of Data Mining with Association Rule in Decision Making for Product Purchase Correlation Using the Apriori Algorithm. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sulastri, H., & Gufroni, A. I. (2017). Penerapan Data Mining Dalam Pengelompokan Penderita Thalassaemia. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 299–305. https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i2.2017.299-305

Suroyo, H. (2019). Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Penerapan Machine Learning dengan Aplikasi Orange Data Mining Untuk Menentukan Jenis Buah Mangga. Sainteks, 343–347. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v8i2.14083

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License