Analisis Penerimaan Pengguna DANA Sebagai Media Pembayaran Pada Marketplace Lazada Menggunakan TAM

Sari Susanti, Suci Fitrami

Sari


Abstrak
DANA yaitu Dompet Digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi nontunai secara digital baik online dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya. DANA merupakan salah satu metode pembayaran non tunai. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penerimaan pengguna aplikasi DANA sebagai media pembayaran pada Marketplace Lazada. Penelitian ini menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dengan lima variabel yaitu Perceived Usefulness (X1), Perceived Ease Of Use (X2), Attitude Toward Using (X3), Behavior Intention To Use (X4) dan Actual Use (Y). Dari hasil penelitian tersebut diperoleh hasil analisis bahwa variabel (X1), (X2), (X3), (X4) dan Y memiliki nilai korelasi sebesar 0,201. Sehingga dapat disimpulkan variabel independen dan dependen dalam penelitian ini memiliki hubungan yang kuat, nilai F hitung sebesar 0,473 nilai R Square (R2) sebesar 0,4%. Dengan demikian menyatakan bahwa variabel (X1), (X2), (X3), (X4), secara simultan berpengaruh positif terhadap (Y) dapat diterima. 
Kata Kunci: aplikasi DANA, analisis penerimaan, technology acceptance model

Abstract
DANA is an Indonesian Digital Wallet that is designed to make every non-cash transaction digitally both online run fast, practical and still guaranteed security. DANA is a non-cash payment method. This research was conducted to analyze user acceptance of the DANA application as a payment medium on the Lazada Marketplace. This study uses the Technology Acceptance Model (TAM) method with five variables, namely Perceived Usefulness (X1), Perceived Ease Of Use (X2), Attitude Toward Using (X3), Behavior Intention To Use (X4) and Actual Use (Y). From the results of the study, it was found that the variables (X1), (X2), (X3), (X4) and Y had a correlation value of 0.201. So it can be concluded that the independent and dependent variables in this study have a strong relationship, the calculated F value of 0.473, the value of R Square (R2) is 0.4%. Thus states that the variables (X1), (X2), (X3), (X4), simultaneously have a positive effect on (Y) can be accepted.
Keywords: DANA application, acceptance analysis, technology acceptance model


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chandra, G. C. (2015). Analisis Penerimaan Pengguna Pada Website Lazada Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1–7. https://doi.org/2089-9033

Ferdira, B. G., Partama, A., Gulo, N., Irvan, Y., Nugroho, D., Fernandes, J., & Gerald, B. (2018). Analisis Perilaku Pengguna Aplikasi Mobile MATAHARIMALL.COM Menggunakan Technology Acceptance Model ( Tam ). Jurnal Sistem Informasi Dan Technology, 1, 107–116.

Fiyah, N., Mayangky, N. A., Hadianti, S., & Riana, D. (2019). Analisis Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Platform Perdagangan Elektronik Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 59–68. https://doi.org/10.15408/jti.v12i1.10507

Kusumah, E. P. (2018). Technology Acceptance Model (TAM) of Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Applications. Integrated Journal of Business and Economics, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.33019/ijbe.v2i1.47

Manik, S. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Kantor Camat Pendalian Iv Koto Kabupaten Rokan Hulu. International Journal of Social Science and Business, 1(4), 257. https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i4.12526

Mubarok, A., Aprilia, N. T., & Susanti, S. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Google-Forms Sebagai Media Survey Online Menggunakan Delone & Mclean. Jurnal Informatika, 7(2), 192-198.

Nurdin, N. (2015). ANALISIS ADOPSI DAN PEMANFAATAN INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI KOTA PALU. Jurnal Elektronik Sistim Infromasi Dan Komputer, 1(1), 1–13.

Rosyida, S. (2017). Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online. Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, VI(2), 81–86. https://doi.org/10.1016/j.jss.2005.09.032

Safitri, E. O., & Musyito, Yusi Tyroni, W. H. N. (2019). Analisis Perilaku Pengguna Aplikasi Mobile Payment Pada Aplikasi OVO Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Termodifikasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 8184–8189. https://doi.org/10.24176/sitech.v1i2.2790

Sukajie, B., Laksono, F. A., Mubarok, A., Susanti, S., & Kurniawan, A. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Youtube Sebagai Media Pendidikan Menggunakan Model DeLone dan McLean. Jurnal Responsif, 1(1), 46–52.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v6i2.9477

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License