Sistem Pendukung Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Untuk Belanja Retail Dengan Metode Topsis

sefrika sefrika

Sari


Pertumbuhan penggunaan uang elektronik di Indonesia turut andil dalam menciptakan cash less society atau masyarakat yang minim menggunakan uang tunai yang berperan dalam mengurangi penggunaan uang cetak di Indonesia. Penggunaan uang elektronik yang mudah dengan menggunakan mesin EDC atau Scan QR Code memudahkan masyarakat dan merchant untuk melakukan transaksi dengan efisien, mengurangi antrian, mempercepat proses pembayaran dan lebih aman. Penelitian ini bertujuan membantu pengguna untuk memilih kriteria yang ditawarkan dari uang elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran khususnya belanja retail. Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria yang didasarkan pada konsep bahwa alternatif yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode TOPSIS dapat digunakan untuk membantu pelanggan dalam memutuskan pemilihan uang elektronik berdasarkan kriteria yang ditawarkan. Hasil penelitian mendapatkan nilai preferensi akhir sebesar 0,84 dari kriteria C2 dan C3. Kriteria tersebut adalah Terdapat promo, diskon, cashback (C2) dan Mengurangi penggunaan uang tunai (cashless) (C3).

 

The growth in the use of electronic money in Indonesia has contributed to creating a cash less society or a society that uses minimal cash which has a role in reducing the use of printed money in Indonesia. The easy use of electronic money by using EDC machines or QR Code Scan makes it easy for the public and merchants to conduct transactions efficiently, reduce queues, speed up the payment process and be safer. This study aims to help users to choose the criteria offered from electronic money that can be used as a method of payment, especially retail shopping. TOPSIS is one of the multi-criteria decision making methods based on the concept that the best alternative not only has the shortest distance from the positive ideal solution but also has the longest distance from the negative ideal solution. The results showed that the decision support system with the TOPSIS method can be used to assist customers in deciding the selection of electronic money based on the criteria offered. The results obtained a final preference value of 0.84 from the C2 and C3 criteria. These criteria are There are promos, discounts, cashback (C2) and Reducing the use of cash (cashless) (C3).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alawiah, E. T. (2020). Decision Support System For Provision Of Natural Disaster. 2(2), 55–60.

Alawiah, E. T., & Susilowati, S. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Vending Machine Dengan Metode TOPSIS Studi Kasus PT . KAI Commuter Jabodetabek. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(1), 256–261.

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik ( Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang ) Pendahuluan Kajian Teori Perilaku Konsumen. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 1–9.

Ramadani, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Studi Pembangunan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um002v8i12016p001

Tazkiyyaturrohmah, R. (2018). Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern. Muslim Heritage, 3(1), 23. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v3i1.1240




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v5i2.8691

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License