Analisis dan Implementasi Sistem Ticketing Helpdesk Pada Universitas Singaperbangsa Karawang

Dian Yunadi, Nina Sulistiyowati, Azhari Ali Ridho

Sari


UPT-TIK (Unit Pelaksana Teknis-Teknologi Informasi dan Komunikasi) Universitas Singaperbangsa Karawang adalah salah satu unit kerja yang melakukan kegiatan pada hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, informasi dan komunikasi. Ketika terjadi suatu masalah yang berkaitan dengan TIK, civitas akademika masih banyak yang tidak tau cara melaporkan masalah tersebut. Adapun cara yang biasa dilakukan adalah dengan datang langsung ke ruangan UPT-TIK. Prosedur pelaporan yang kurang jelas dan penanganan pelaporan yang tidak tercatat dengan baik terkadang menyebabkan permasalahan yang tidak kunjung diatasi karena terlewat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan civitas akademika dalam melaporkan masalah TIK yang ada di Universitas Singaperbangsa Karawang dan memberikan informasi kepada civitas akademika terkait perkembangan dari permasalahan yang telah dilaporkan. Metode penelitian yang digunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) dengan teknik pengembangan Evolutionary Prototyping. Tahapan dalam pengembangan Evolutionary Prototyping antara lain Analisa kebutuhan user, membuat prototyping, menyesuaikan prototyping, dan menggunakan prototyping. Hasil dari pengembangan sistem ini adalah suatu sistem ticketing helpdesk dengan memanfaatkan OsTicket untuk membantu civitas akademika dalam melaporkan masalah dan unit kerja UPT-TIK Universitas Singaperbangsa Karawang dalam merespon laporan tersebut.


UPT-TIK (Technical and Information Technology and Communication Technology Implementation Unit) Singaperbangsa University of Karawang is a work unit that carries out activities on matters relating to technology, information and communication. When there is a problem related to ICT, there are still many academicians who do not know how to report the problem. The usual way to report the problem is to come directly to the UPT-ICT room. The purpose of this study is to facilitate the academic community in reporting ICT problems in the University of Singaperbangsa Karawang and provide information to the academic community related to the development of the problems that have been reported. The research method used is SDLC (System Development Life Cycle) with the evolutionary prototype development technique. The stages in the development of Evolutionary Prototyping include analyzing user needs, making prototyping, adjusting prototyping, and using prototyping. The result of the development of this system is a helpdesk ticketing system by utilizing OsTicket to assist the academic community in reporting problems and the UPT-TIK work unit of Singaperbangsa University of Karawang in responding to the report.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Iswara, Y., Darmawan, I., & Hediyanto, U. Y. (2018). Analisis dan Perancangan Helpdesk Ticketing System Untuk Mengelola Tindak Perbaikan Perangkat Komputer dan Jaringan Pada PT. LEN INDUSTRI (Persero) Menggunakan Metodologi PDCA (Plan-Do-Check-Action). e-Proceeding of Engineering, 7149.

Kaliti, B., Mandey, S. L., & Saerang, I. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Speaker Merek Yamaha di Fortino Audio Manado. Jurnal EMBA, 91-100.

Manopo, R. I., Wowor, H., & Lumenta, A. (2016). Perancangan Aplikasi Help Desk Di UPT-TIK Unsrat. E-Journal Teknik Informatika.

Maryuliana, Subroto, I. M., & Haviana, S. F. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI), 1-12.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Putra, E. (2019). The Influence of Promotion and Brand Image Toward Purchase Decision of Honda Vario. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 121-127.

Susanto, R., & Andriana, A. D. (2016). Perbandingan Model Waterfal dan Prototyping Untuk Pengembangan SIstem Informasi. Malajah Ilmiah UNIKOM.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Syofian, S., & Winandar, A. (2017). Aplikasi Helpdesk Mendukung Sistem Ticketing. Jurnal Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Unsadaa.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v5i2.8471

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License