Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Jasa Berbasis Desktop Pada Le Nori Laundry Depok

Lia - Mazia, Aas - Hasanah, Endang Pujiastuti, Syaifur Rahmatullah A.R

Sari


Abstrak - Le Nori Laundry merupakan unit usaha yang berada di daerah Depok Jawa Barat yang melayani jasa cuci satuan dan cuci kiloan. Pelayanan yang disediakan diantaranya paket cuci kering lipat,  paket cuci kering lipat setrika, dan paket setrika. Sistem pelayanan jasa yang saat ini berjalan di Le Nori Laundry dilakukan dengan cara konvensional, mulai dari penomoran nota, penerimaan layanan jasa sampai dengan proses pembuatan laporan bulanan. Hal ini seringkali menjadi masalah seperti nota yang hilang atau nomor nota tertulis dua kali. Selain itu  data pelayanan juga harus dituliskan kembali pada buku pelanggan, hal ini juga merupakan salah satu kendala karena jika petugas lupa untuk mencatat kembali nota pelayanannya, maka data transaksi tidak tersimpan dalam buku pelanggan. Selain itu, proses pembuatan laporan juga dilakukan dengan cara merekap data transaksi selama  sebulan, sehingga membutuhkan  waktu yang cukup lama dan kurang efisien. Dalam penelitian ini, akan dibangun sistem informasi pelayanan jasa laundy bagi Le Nori Laundry dengan menggunakan metode waterfall dan aplikasi Netbeans IDE 8.1 serta MySQL. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi jasa laundry yang memberikan kemudahan dalam melakukan penyimpanan data, pengolahan data dan menghasilkan laporan yang diperlukan secara akurat, tepat dan cepat.

Le Nori Laundry is a business unit located in the Depok area, West Java, which provides unit washing and kilo washing services. Services provided such as folding dry washing package, folding dry washing package, and ironing package. The service system currently running at Le Nori Laundry is carried out in a conventional manner, starting from note numbering, receiving services to the process of making monthly reports. This is often a problem such as missing notes or double-written note numbers. In addition, service data must also be rewritten in the customer's book, this is also an obstacle because if the officer forgets to re-record the service note, the transaction data is not stored in the customer's book. In addition, the process of making reports is also carried out by recapitulating transaction data for a month, so it takes a long time and is less efficient. In this study, a laundy service information system will be built for Le Nori Laundry using the waterfall method and the Netbeans IDE 8.1 application and MySQL. This research produces an information system for Le Nori Laundry Laundry Services that provides convenience in storing data, processing data and produce the required reports accurately, precisely and quickly. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam Mukhlaris Bachtiar, F. N. F. (2018). Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan JAVA.

Astika, D. M., Dwi, K., & Windi, I. (2017). Aplikasi Pelayanan Jasa Persediaan bahan Baku Pada Laundry Q Pontianak. Jurnal Khatulistiwa Informatika, V(2), 112–117.

Bonny Triangga, M. (2015). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Toko Quin’S Laundry Berbasis Desktop. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), 4(1),1–5.Retrievedfrom http://jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/31.

Hidayat, R. S., & Winarno, A. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Pada Hello Laundry. Mahasiswa.Dinus.Ac.Id.

Husnil Kamil, A. D. (2016). Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web Dengan Fitur Mobile Pada 21 Laundry Padang. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 8(November), 1–9. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/172316-ID-pembangunan-sistem-informasi-pelayanan-j.pdf

Irfan, R. &. (2018). Sistem Informasi Manajemen.

Mandiri, S. N., & Octasia, A. (2016). Sistem Informasi Penjualan Kaos Berbasis Web Pada Distro Sickness Berbasis E - Commerce, 299–302.

Maulana, M. I., Informasi, S., Komputer, I., & Nuswantoro, U. D. (2015). Perancangan Sistem Informasi Jasa Laundry. Sistem Informasi, Ilmu Komputer(Universitas Dian Nuswantoro), 1–8.

Nere, M., & Buani, D. C. P. (2019). Penerapan Metode Waterfall pada Sistem Informasi Jasa Laundry (SIJALY) JensChax Laundy Bekasi. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(2), 69. https://doi.org/10.33480/techno.v15i2.895

Nugroho, S., & Si, S. (2015). Perancangan Sistem Informasi Layanan Jasa Laundry Berbasis Website di Dhe-Dhee Laundry Information System Design Laundry Services Website Based Services in Dhe-Dhee Laundry. Universitas Koputer Indonesia, 2–6.

Rusdina, & Yuridka, F. (2019). Pengembangan Aplikasi Sistem Layanan Untuk Jasa Laudri Berbasis Web Pada ARBA Smile Laundry Banjarmasin. Technologia, 10(1), 17–20.

A.S., Rosa, & Shalahuddin M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Edisi Cetakan Ketiga




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v5i2.6503

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License