Sistem Informasi Data Administrasi Penduduk E-SIDAPI

Tuti Alawiyah, Agung Baitul Hikmah, Bambang Kelana Simpony

Sari


Pengelolaan administrasi kependudukan perlu dilakukan dengan baik, karena data kependudukan merupakan sumber statistik dasar dalam pengambilan berbagai kebijakan. Sistem administrasi kependudukan yang tidak dikelola dengan baik menghasilkan laporan data penduduk yang tidak akurat, sehingga dapat menimbulkan berbagai permasalahan bagi negara dan warga masyarakat itu sendiri. Penggunaan komputerisasi pada sistem administrasi kependudukan di Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya belum optimal karena hanya menggunakan Ms. Excel. Hal ini menyebabkan masih ditemukannya redudansi data, lamanya proses pencarian data penduduk serta perubahan data yang tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi administrasi kependudukan yang dapat mengelola penduduk yang lahir, pindah datang, meninggal dan pindah keluar menggunakan aplikasi berbasis website pada tingkat kecamatan. Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dengan pemodelan sistem menggunakan Unifield Modelling Language. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi administrasi kependudukan yang dapat mengelola data penduduk dengan baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.S, R., & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Hilmi Kurnia, P. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Data Administrasi Desa Berbasis Web. 10(1).

Hunaifi, N., Hikmah, B., & Nurhasan, A. (n.d.). Perancangan Sistem Informasi Permohonan Surat Online “ SIPADU ” Di Tingkat Kecamatan Berbasis Web. 40–52.

Marisa, F. (2017). Web Programming untuk Membangun Portal. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sutanta, Edhy; Ashari, A. (2012a). Distribusi Basis Data Kependudukan Untuk Optimalisasi Akses Data: Suatu Kajian Pustaka. Jurnal Ilmu Komputer, 1–9.

Sutanta, Edhy; Ashari, A. (2012b). Pemanfaatan Database Kependudukan Terdistribusi Pada Ragam Aplikasi Sistem Informasi di Pemerintah Kabupaten/Kota. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 11–20.

Tambunan, T. S. (2016). Glosarium Istilah Pemerintahan. Jakarta: Prendamedia Group.

Yuniko, F. T., & Putra, F. K. (2019). Penerapan Teknologi Informasi Web Programing Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Dalam Bidang Kebijakan Administrasi Kependudukan. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 1(1), 13. https://doi.org/10.35145/joisie.v1i1.387

Yuningsih, S., Hikmah, A. B., Ishak, R., & Lesmono, I. D. (2019). Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada Badan Musyawarah Warga Delatinos Tangerang Selatan. 4(1), 89–99.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i2.5884

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Kota Tasikmalaya

Jl. Tanuwijaya No.4, Empangsari, Kec. Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46113, Telp : (0265) 323846
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License