Implementasi Virtual Reality Pada Pengenalan Tata Surya Berbasis Android

Miftah Farid Adiwisastra, Ivanisevic Hanuraiga El-Ahmed, Saeful Bahri

Sari


Mempelajari ilmu perbintangan atau astronomi ditambah dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan semua orang. Salah satunya dengan Virtual Reality yang dapat memvisualisasikan gambar 3D menjadi lebih nyata. Mengenalkan  objek-objek seperti planet-planet yang ada di Tata Surya dengan menggunakan VR akan lebih efektif selain memberikan pengamalan dan teknologi baru, pengguna juga dapat berinteraksi secara langsung daripada menggunakan media elektronik lainnya yang mevisualisasikan secara 2D. Penelitian ini berujuan untuk mengenalkan teknologi Virtual Reality kepada seluruhkalangan masyarakat dan memberikan pengetahuan tentang Tata Surya. Aplikasi pengenalan Tata Surya berbasis Virtual Reality ini dibuat dengan perangkat lunak Unity 3D beserta Google Cardboard SDK  sebagai game engine dan C# sebagai bahasa pemrogramannya. Dengan aplikasi ini pengguna akan merasakan pengalaman berada di luar angkasa dan menjelajah ke setiap objek yang ada di dalamnya. Berdasarkan data penggunaan, aplikasi ini telah memenuhi sebesar 83%  kebutuhan pengguna dalam mempelajari Tata Surya .

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i2.5558

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License