Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Kasir Lotte Mart Menggunakan Metode Weighted Product
Sari
Abstrak
Deskripsi pekerjaan Kasir yaitu menyelesaikan proses belanja dengan pelanggan pada suatu perusahaan ritel. Namun tidak dijelaskan bahwa tugas Kasir adalah untuk memuaskan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor penentu bisnis jangka panjang bagi perusahaan ritel. PT Lotte Mart Indonesia merupakan perusahaan ritel dari Korea Selatan yang menempatkan Kasir pada tahap akhir proses belanja yang dilakukan oleh pelanggannya. Akan tetapi, pada perusahaan tersebut telah diidentifikasi beberapa permasalahan dalam melakukan penilaian kinerja terhadap Kasir. Pihak Personalia mengalami kendala dalam melakukan penilaian kinerja Kasir menggunakan beberapa kriteria penilaian yang diinginkan. Proses penilaian kinerja masih menggunakan formulir dalam bentuk Excel, sehingga tahapan penilaian kinerja Kasir tidak cukup efektif. Kemudian belum adanya suatu mekanisme perhitungan yang sesuai untuk diimplementasikan pada proses penilaian kinerja Kasir di PT Lotte Mart Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Sistem Penunjang Keputusan penilaian kinerja Kasir pada PT Lotte Mart Indonesia menggunakan metode Weighted Product. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Penunjang Keputusan memberikan kemudahan bagi Personalia dalam melakukan penilaian kinerja Kasir menggunakan beberapa kriteria yang diinginkan. Sistem tersebut berhasil dibangun menggunakan pemrograman Website yang mampu mempercepat proses penilaian. Kemudian Metode Weighted Product yang diimplementasikan sangat sesuai untuk menghitung peringkat dari kinerja Kasir di PT Lotte Mart Indonesia.
Kata Kunci: sistem penunjang keputusan, penilaian kinerja kasir, metode weighted product
Abstract
Job description of cashier is to complete shopping process with customers in a retail company. But there is no explanation that the task of cashier is to satisfy customers. Customer satisfaction is one of the long-term business determinants for retail companies. PT Lotte Mart Indonesia is a retail company from South Korea that places cashiers on final stages of the shopping process carried out by their customers. However, in that company has identified several problems on cashier performance evaluation. Personnel experienced problems in evaluating the cashier's performance using several desired assessment criteria. The performance evaluation process still uses excel format, so the stage of cashier performance evaluation is not effective enough. Furthermore, there is no appropriate calculation mechanism to be implemented on the cashier performance evaluation process in PT Lotte Mart Indonesia. The goal of this research is to build a Decision Support System for cashier performance evaluation in PT Lotte Mart Indonesia using Weighted Product method. The results of this research indicate that Decision Support System makes it easy for personnel to evaluate the cashier’s performance using several desired criteria. The system was successfully built using Website Programming that was able to accelerate the evaluation process. Furthermore, the implementation of Weighted Product method is very suitable to calculate the rank of cashier's performance in PT Lotte Mart Indonesia.
Keywords: decision support system, cashier performance evaluation, weighted product methodTeks Lengkap:
PDFReferensi
Guswai, C. F. (2014). How to Create Outstanding Service. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Huber, G. P. (1980). Managerial Decision Making. Glenview: Scott, Foresman and Co.
Latif, L. A., Jamil, M., & Abbas, S. H. (2018). Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Nofriansyah, D., & Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Prasetyadi, C. W. (2017). Komunikasi Penjualan: Menuju Pramuniaga Juara. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Reynolds, G. W. (2016). Information Technology for Managers (2nd ed.). Boston: Cengage Learning.
Sari, F. (2018). Metode dalam Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Simon, H. (1997). Administrative Behavior: A Study of Decision Making Processes in Administrative Organizations (4th ed.). New York: The Free Press.
Stair, R. M., & Reynolds, G. W. (2016). Fundamentals of Information Systems (8th ed.). Boston: Cengage Learning.
VanAntwerp, J. (2015). A Guide to Customer Service Excellence. Bloomington: Xlibris.
DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v3i2.4664
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT