Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Pendekatan Sistem Managemen Perencanaan Strategis

Endang Wahyudi, Taufik Baidawi, Haryanto Haryanto, Natal Indra

Sari


Pemetaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui pendekatan sistem manajemen perencanaan strategis menggunakan pendekatan metode kualitatif dan PEST Analisis untuk melakukan pemetaan UMKM. Keberhasilan bertahan saat covid-19 membuat UMKM memiliki peran yang cukup baik dalam penyerapan tenaga kerja, contohnya karyawan maskapai penerbangan setelah purna kerja atau pensiun dini membuka usaha pempek. Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan pemilik UMKM serta melalui analisis dokumen terkait UMKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan sistem manajemen perencanaan strategis dapat digunakan untuk memetakan UMKM. Dalam pemetaan ini, ditemukan berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan UMKM, seperti faktor internal (misalnya, keunggulan produk, manajemen keuangan) dan faktor eksternal (misalnya, persaingan pasar, kebijakan pemerintah). Selain itu, pemetaan ini juga mengidentifikasi peluang dan tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang pentingnya sistem manajemen perencanaan strategis dalam memetakan UMKM. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan strategi bisnis yang lebih efektif dan berkelanjutan bagi UMKM. Selain itu, pemetaan ini juga dapat membantu pemerintah dan stakeholder terkait dalam merancang kebijakan dan program yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM.

Mapping of micro, small, and medium enterprises (MSMEs) through a strategic planning management system approach using qualitative methods and PEST analysis to conduct MSME mapping. The success of surviving during COVID-19 has given MSMEs a significant role in absorbing the workforce, for example, airline employees who, after retirement or early retirement, start a pempek business. Data was collected through surveys and interviews with MSME owners as well as through the analysis of documents related to MSMEs. The results of this study indicate that a strategic planning management system approach can be used to map MSMEs. In this mapping, various factors influencing the success of MSMEs were found, such as internal factors (e.g., product excellence, financial management) and external factors. (such as, market competitives, policy of goverment). In addition, this mapping also identifies the opportunities and challenges faced by SMEs in developing their businesses. This research contributes to the understanding of the importance of strategic planning management systems in mapping SMEs. The results of this study can be used as a basis for developing more effective and sustainable business strategies for SMEs. Additionally, this mapping can also assist the government and related stakeholders in designing policies and programs that support the growth and development of SMEs

Teks Lengkap:

pdf: 113-118

Referensi


Achmad Budiarto. (n.d.). Materi Deteksi Dini Penyalahgunaan Media Sosial Oleh Pemuda Atau Pelajar 7 Agustus 2024. https://www.slideshare.net/slideshow/materi-deteksi-dini-penyalahgunaan-media-sosial-oleh-pemuda-atau-pelajar-7-agustus-2024-pdf/271216070

Ada, E., Sagnak, M., Mangla, S. K., & Kazancoglu, Y. (2024). A circular business cluster model for sustainable operations management. International Journal of Logistics Research and Applications, 27(4), 493–511.

Grumadaitė, K., & Jucevičius, G. (2022). Strategic Approaches to the Development of Complex Organisational Ecosystems: The Case of Lithuanian Clusters. Sustainability, 14(23), 15697.

Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707–6714.

Mahadiansar, M., & Aspariyana, A. (2020). PEST Analysis Model dalam Pengembangan Potensi Wisata Pulau Benan, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 1(1), 14–25.

Meidita, T., & Sukmono, Y. (2023). Perumusan Strategi Pemasaran Produk Rengginang Dengan Penerapan Formulasi Manajemen Strategi. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), 155–166.

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi era digitalisasi melalui peran pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184–204.

Pardede, S. J., & Suwito, S. (2024). Strategi Pemberdayaan UMKM Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Guna Kemandirian Ekonomi Bangsa Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(4), 1526–1538.

Stephens, A. M., & Sandberg, J. (2020). How the practice of clustering shapes cluster emergence. Regional Studies, 54(5), 596–609.

Sugandini, D., Effendi, M., Istanto, Y., Arundati, R., & Rahmawati, E. (2019). Pemasaran Digital: Adopsi Media Sosial Pada UKM. Zahir Publishing.

Zheng, S., Fan, K., Hou, Y., Feng, J., & Fu, Y. (2022). Clustering by the Probability Distributions From Extreme Value Theory. IEEE Transactions on Artificial Intelligence, 4(2), 292–303.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v9i2.24297

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License