Inovasi Teknologi Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Tunanetra

Agung Baitul Hikmah, Haerul Fatah, Vincent Christian

Sari


Kecerdasan buatan menjadi salah satu kebutuhan untuk mendukung pekerjaan manusia. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan inovasi teknologi berbasis Artificial Intelligence menjadi media pembelajaran sebagai solusi untuk meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas pembelajaran bagi siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya. Inovasi teknologi menggunakan layanan suara interaktif untuk membantu siswa tunanetra mempelajari materi pembelajaran. Dengan menerapkan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan metode pengujian SQA (Software Quality Assurance). Hasil pengujian aplikasi secara kuantitatif dengan metode SQA (Software Quality Assurance) menunjukan skor 88.4. hal ini menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa tunanetra terhadap materi yang disampaikan. Kontribusi penelitian yang dihasilkan dapat mendukung proses belajar-mengajar, serta meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa tunanetra.

Artificial Intelligence has become essential to support human tasks. This study aims to implement AI-based technological innovation into educational media as a solution to enhance the accessibility and effectiveness of learning for visually impaired students at the Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Bahagia Tasikmalaya City. The technology innovation utilizes interactive voice services to assist visually impaired students in learning course material. The ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) method and testing SQA (Software Quality Assurance) method was applied to guide the development process. Quantitative testing of the application using the Software Quality Assurance (SQA) method resulted in a score of 88.4, indicating that this learning media application effectively enhances both understanding and motivation among visually impaired students regarding the presented material. Thus, this research contributes to supporting the teaching and learning process, while increasing engagement and interest in learning for visually impaired students.

Teks Lengkap:

pdf: 97-103

Referensi


Darmalaksana, W., & Busro, B. (2021). Challenges of Scientific Publication for Theological Academics in Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 287. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1228

Dwi Saputra, R., & Arkhiansyah, Y. (2024). Pengembangan Permainan Edukasi Interaktif Untuk Anak Pada Mata Pelajaran Matematka Berbasis Mobile Menggunakan Metode Addie. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(2), 2177–2181. https://doi.org/10.36040/jati.v8i2.9383

Jordan, Y., Handrianus Pranatawijaya, V., & Widiatry, W. (2024). Analisis Kualitas Dan Penerapan Software Quality Assurance Pada Aplikasi Dana Menggunakan Model Iso/Iec 9126. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 7687–7691. https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.10048

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, … Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3304

Maslahah, S., Hantoro, A. D., Budi Prasetyo, I., & Sukinah. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Materi Peluang Bagi Siswa Tunanetra Kelas 5 Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 72–80. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12251

Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02), 473–486. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.975

Pakpahan, R., Studi, P., Informasi, S., Informasi, F. T., Bina, U., & Informatika, S. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Manusia. 5(2), 506–513. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.616

Praptaningrum, A. (2020). Penerapan Bahan Ajar Audio Untuk Anak Tunanetra Tingkat SMP Di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 1. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2849

Ronsumbre, S., Rukmawati, T., Sumarsono, A., & Waremra, R. S. (2023). Pembelajaran Digital Dengan Kecerdasan Buatan (AI): Korelasi AI Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1464–1474. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5761

Saputra, R. A. (2014). Penerapan Algoritma Naïve Bayes Untuk Prediksi Penyakit Tuberculosis (Tb). Swabumi, I(1), 18–25. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/download/994/777

Sudiartini, N. P. K. D., Utami, N. K. T. P., Widianita, N. K. F., Wulandari, N. K. A. G., Widianingsih, D. M. D., & Sujana, I. W. (2024). Relief Aksara Bali (Reaksi) Berbantuan Suara untuk Pemberdayaan Anak Tunanetra dalam Literasi Aksara Bali di SLB Negeri 1 Tabanan. Pelita Masyarakat, 5(2), 111–125. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v5i2.10721

Thoyibah, P. N., & Harsiwi, N. E. (2024). Metode Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Tunanetra Di SLB Negeri Keleyan. 3(3), 20–28. Retrieved from https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/view/2221/

Zulkarnaini, Megawati, C., Astini, D., & Syahputra, I. (2022). Penggunaan Model ADDIE dalam Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (BAKTIMAS ), 4(2), 77–80. Retrieved from https://ojs.serambimekkah.ac.id/BAKTIMAS/article/view/4782




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v9i2.23467

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License