Perancangan UI/UX Aplikasi Pemeliharaan dan Perawatan Alat Pemadam Api Ringan Dengan Metode Design Thinking

Muhammad Adi Riyanto, Wulan Dari

Sari


Pemeliharaan dan perawatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di PT. Diagnos Laboratorium Utama,Tbk mengalami permasalahan dalam pemantauan pemeliharaan dan perawatan APAR yang prosesnya dilakukan secara konvensional. Proses pemantauan cenderung membutuhkan waktu lama dan sering terlewat sehingga menyebabkan APAR tidak terkendali dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat Perancangan UI/UX Aplikasi Pemeliharaan dan Perawatan APAR dengan menggunakan Figma serrta metode Design Thinking. Tujuan dari pembuatan rancangan aplikasi agar memudahkan User dalam pemantauan APAR yang dapat memindai APAR dilapangan dan menampilkan data APAR secara keseluruhan dengan lengkap. Selain itu juga untuk memudahkan user mengetahui cara penggunaan dan pemeliharaan APAR serta menciptakan keefektifan dan efisiensi dalam bekerja. Hasil yang dicapai dari penggunaan Maze, terintegrasi figma dalam mendemokan aplikasi, serta penilaian kelayakan dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Hasil tingkat kesulitan setelah demo aplikasi dan penyebaran kuesioner sebesar 4,3/5,0. Hasil tersebut menyatakan bahwa aplikaksi layak digunakan oleh user akan tetapi perlu sosialiasi lebih lanjut jika nantinya aplikasi ini akan di implementasikan.

 

The maintenance and upkeep of Light Fire Extinguishers (APAR) at PT Diagnos Laboratory Utama, Tbk experienced problems in monitoring the maintenance and upkeep of APARs which were carried out conventionally. The monitoring process tends to take a long time and is often missed, causing the APAR to not be controlled properly. Based on these problems, a UI/UX design for the APAR maintenance and maintenance application was created using Figma and the Design Thinking method. The aim of designing the application is to make it easier for users to monitor APARs by being able to scan APARs in the field and display complete APAR data. Apart from that, it is also to make it easier for users to know how to use and maintain APAR and to create effectiveness and efficiency in work. The results achieved from using Maze, integrated Figma in demonstrating the application, and feasibility assessments were carried out by distributing questionnaires. The results of the level of difficulty after the application demo and distributing the questionnaire were 4.3/5.0. These results state that the application is suitable for use by users, but requires further socialization if this application is to be implemented in the future.


Teks Lengkap:

PDF 1-10

Referensi


Angelina, K., Sutomo, E., & Nurcahyawati, V. (2022). Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking. Tematik, 9(1), 70–78. https://doi.org/10.38204/tematik.v9i1.915

Benyon, D. (2019). Designing User Experience: A guide to HCI, UX and interaction design (4th ed.) (4th ed.). London: Pearson.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dwitya P, Si Made Angga Fauzan, Mohamad Nurkamal Pane, S. F. (2020). Tutorial Pembuatan Prototype Pendeteksi Kebakaran (Fido) Berbasis IoT Dengan Metode Naive Bayes. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Himawan, H., & Yanu F, M. (2020). Interface USER EXPERIENCE. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta.

Kodratillah.E, Nurhidayanti.N, & Nisa.F.A. (2022). Aplikasi Pengecekan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) Berbasis Android Pada Pt. Xyz Di Bekasi. Aplikasi Pengecekan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) Berbasis Android Pada Pt. Xyz Di Bekasi, 13(3), 159–160. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/sigma/article/view/1453

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171

Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 219. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549

Rusanty, D. A., Tolle, H., & Fanani, L. (2019). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(11), 10484–10493.

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi HapSari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Cl. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55.

Soeprapto, E. F., Cahyadi, E., & Nizaora, D. (2021). Pengantar Budaya K3. Jawa Timur: CV Literasi Nusantara Abadi.

Staiano, F. (2022). Designing and Prototyping Interfaces with Figma - Learn Essential UX - UI Design Principles by Creating Interactive Prototypes For Mobile, Tablet, and Desktop. Birmingham: Packt Publishing Ltd.

Sufandi, U. U., Trihapningsari, D., & Mellysa, W. (2022). Peluang Penelitian UI/UX pada Pengembangan Aplikasi Mobile: Systematic Literature Review. Techno.Com, 21(3), 411–433. https://doi.org/10.33633/tc.v21i3.6059




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v9i1.14998

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License