User Experience Pengguna Perpanjangan Sim Online Aplikasi Digital Korlantas Menggunakan UEQ

Safira Herdianingsih, Oka Dwi Cahya

Sari


Berdasarkan hasil observasi pada Google Play Store masih terdapat keluhan terkait sistem dan layanan perpanjangan SIM online pada aplikasi Digital Korlantas. Belum diketahui aspek-aspek terkait pengalaman pengguna yang mempengaruhi rendahnya rating aplikasi Digital Korlantas untuk menentukan area aspek pengalaman pengguna yang memerlukan peningkatan atau perbaikan pada aplikasi Digital Korlantas. Tujuan penelitian ini adalah Mengukur tingkat pengalaman pengguna terhadap layanan yang telah diberikan oleh aplikasi Digital Korlantas. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan Data Kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang mencakup beberapa pertanyaan terkait dengan apa yang dibahas, pertanyaan tersebut diberi skor 1-7. Kemudian hasilnya akan dihitung menggunakan metode User Experience Questionnaire. Dari hasil penilaian yang ada dapat disimpulkan skala Kebaruan pada aplikasi Digital Korlantas POLRI, bahwa pengguna menganggap layanan yang tersedia pada aplikasi Digital Korlantas POLRI kurang inovatif. Dengan adanya penelitian yang sudah dilakukan membuat aplikasi tersebut mempunyai evaluasi terhadap aplikasi yang sudah ada, agar aplikasi tersebut dapat nyaman digunakan oleh pengguna. 

Results Based on observations on the Google Play Store, there are still complaints regarding the system and services for adding an online SIM in the Digital Korlantas application. It is not yet known aspects related to user experience that affect the low rating of the Korlantas Digital application to determine aspects of user experience areas that require improvement or improvement in the Korlantas Digital application. The purpose of this study is to measure the level of user experience with the services provided by the Digital Korlantas application. The research method is quantitative data by distributing questionnaires that include several related to what is discussed, the questions are given a score of 1-7. Then the results will be calculated using the User Experience Questionnaire method. From the results of the existing assessment, it can open the Novelty scale on the POLRI Digital Korlantas application, that users consider the services available on the POLRI Digital Korlantas application to be less innovative. With the research that has been done, the application has an evaluation of existing applications, so that the application can be used by users


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayu, D., Widhiani, P. A., Ketut, I., Arthana, R., Made, I., & Pradnyana, A. (2018). Analisa User Experience Pada Sistem Informasi Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau dari Pengguna Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(1), 92. https://doi.org/10.23887/JPTK-UNDIKSHA.V15I1.13048

Edrisy, I. F., & Rozi, F. (2021). PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU PENGANCAMAN PORNOGRAFI (Study Kasus Polres Lampung Utara). Jurnal Hukum Legalita VOL. 3 NO.2, 3, 98–109.

Firdausi., A. F., & Ramadhani., S. (2020). Pengembangan Aplikasi Online Public Access Catalog (OPAC) Perpustakaan Berbasis Mobile Pada STAI Auliaurrasyidin. Jurnal Intra Tech, 4(2), 11–25.

Hadiyati, R. (2019). Deskripsi Bauran Produk Dan Volume Penjualan Keripik Pada Usaha Aulia Food Dikecamatan Luwuk. 5(2), 47–62.

Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020a). Jurnal Politeknik Caltex Riau Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire. Jurnal Politeknik Caltex Riau, 6(1), 69–78.

Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020b). User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.35143/JKT.V6I1.3582

Himawan, H., & F., M. Y. (2020). Interface User Experience. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta.

Septiana Chumairoh, M. (2014). Perancang Bangun Aplikasi Mobile Pada Platform Android Berbasis HTML5 Studi Kasus Layanan Informasi Website UNIPDU Jombang. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 1(1). https://doi.org/10.21107/EDUTIC.V1I1.402

Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104–115. https://doi.org/10.33365/JTK.V15I1.920

Wijaya, I. N. S. W., Santika, P. P., Iswara, I. B. A. I., & Arsana, I. N. A. (2021). Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTik Bali dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2), 217. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020762763




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v8i1.13247

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License