Pemanfaatan Metode SMOTE dan PSO Untuk Mengoptimalkan Tingkat Akurasi Klasifikasi Kepuasan Pelanggan

Arif Muqtadir, Dini Silvi Purnia

Sari


Penyedia layanan telekomunikasi Indihome Witel Jakarta Selatan mempunyai keunggulan dan kekurangan yang dapat memberikan kepuasan dan ketidakpuasan yang  membuat pelanggan berpindah ke penyedia layanan internet lain. Pengetahuan tentang klasifikasi konsumen yang puas dan tidak puas sangat dibutuhkan dalam mengambil keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa algoritma klasifikasi data mining mana yang menghasilkan nilai akurasi yang paling tinggi untuk klasifikasi kepuasan pelangan Indihome Jakarta Selatan antara algoritma Naïve Bayes, Support Vector Machine, Decission Tree. Dalam mengukur atau memprediksi tingkat kepuasan pelanggan dapat menggunakan algoritma klasifikasi data mining yaitu Naïve Bayes, Support Vector Machine, Decission Tree dengan penambahan fitur  Metode Synthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE) dan teknik Particle Swarm Optimization (PSO).SMOTE berguna untuk menyeimbangkan data dan PSO untuk mengoptimalkan hasil nilai pada algoritma klasifikasi. Penelitian ini menghasilkan penggunaan Algoritma SVM + SMOTE + PSO menghasilkan Acurracy 98.57%, precision tertinggi 98.51%, recall tertinggi 98.51% dan AUC tertinggi 0.995 yang termasuk dalam excellent classification. Penggunaan SMOTE dan PSO pada algoritma klasifikasi terbukti berpengaruh meningkatkan accuracy algoritma SVM namun tidak secara signifikan. 
The South Jakarta Indihome Witel telecommunication service provider has advantages and disadvantages that can provide satisfaction and dissatisfaction that make customers switch to other internet service providers. Knowledge of the classification of satisfied and dissatisfied consumers is needed in making decisions. The purpose of this study is to analyze which data mining classification algorithm produces the highest accuracy value for the classification of South Jakarta Indihome customer satisfaction between the Naïve Bayes algorithm, Support Vector Machine, and Decission Tree. In measuring or predicting the level of customer satisfaction, data mining classification algorithms can be used, namely Naïve Bayes, Support Vector Machine, Decission Tree with the addition of the Synthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE) method if the data is unbalanced and the Particle Swarm Optimization (PSO) technique. SMOTE is useful for balancing data and PSO to optimize the value results in the classification algorithm. This research resulted in the use of the SVM + SMOTE + PSO algorithm resulting in an accuracy of 98.57%, the highest precision of 98.51%, the highest recall of 98.51% and the highest AUC of 0.995 which is included in the excellent classification. The use of SMOTE and PSO in the classification algorithm has proven to have an effect on increasing the accuracy of the SVM algorithm but not significantly.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariani, F., & Taufik, A. (2020). Perbandingan Metode Klasifikasi Data Mining untuk Prediksi Tingkat Kepuasan Pelanggan Telkomsel Prabayar. SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi, 16(1), 1–6. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.666

Bastian, Y., Tambunan, H. S., Saputra, W., Bangsa, S. T., Utara, S., Bangsa, A. T., & Utara, S. (2021). Analisis Penerapan Algoritma C4 . 5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Indihome Pada Kota Pematangsiantar. KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), 2(1), 62–69.

Desyanti, D.-. (2019). Penerapan Data Mining Algoritma C4.5 untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen di Hotel Grand Zuri Dumai. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(2), 36. https://doi.org/10.33372/stn.v4i2.403

Kominfo, A. (2019). Penggunaan Internet di Indonesia. Aptika Kominfo. https://aptika.kominfo.go.id/2019/08/penggunaan-internet-di-indonesia/

Putra, H. E., & Widiyanesti, S. (2018). Analisis Masalah Kualitas Layanan PT . Telekomunikasi Indonesia Witel Jakarta Selatan Pada Produk Indihome (Menggunakan Metode Pendekatan Six Sigma) Problem Analysis Service Quality Pt . Telekomunikasi Indonesia Witel South Jakarta On Indihome Product (Us. E-Proceeding of Management, 5(1), 195–202.

Rofiqoh, U., Perdana, R. S., & Fauzi, M. A. (2017). Analisis Sentimen Tingkat Kepuasan Pengguna Penyedia Layanan Telekomunikasi Seluler Indonesia Pada Twitter Dengan Metode Support Vector Machine dan Lexion Based Feature. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(12), 1725–1732.

Rohanah, A., Rianti, D. L., Sari, B. N., Informatika, T., & Karawang, U. S. (2021). Perbandingan Naïve Bayes dan Support Vector Machine untuk Klasifikasi Ulasan Pelanggan Indihome. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 23–30. https://doi.org/10.30998/STRING.V6I1.9232

Somantri, O., & Apriliani, D. (2018). Support Vector Machine Berbasis Feature Selection Untuk Sentiment Analysis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Warung dan Restoran Kuliner Kota Tegal. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(5), 537–548. https://doi.org/10.25126/JTIIK.201855867

Syahputra, R. D., & Sampurno, W. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Berbasis Digital Pada Media Sosial Facebook Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Produk Indihome Di Plaza Telkom Lembong Kota Bandung Tahun 2019). EProceedings of Applied Science, 5(3), 1841.

Telkom. (2018). Laporan Tahunan Telkom Indonesia Tahun 2018. 01(01), 1689–1699.

Yunitasari, Siti Hopipah, H., & Mayasari, R. (2021). Optimasi Backward Elimination untuk Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritme k-nearest neighbor (k-NN) and Naive Bayes. Technomedia Journal, 6(1 Agustus), 99–110. https://doi.org/10.33050/TMJ.V6I1.1531




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v8i1.11657

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License