Analisis Kepuasan Terhadap Portal Mahasiswa Sistem Informasi STMIK Indonesia Padang Menggunakan EUCS

Lakry Maltaf Putra, Arman Arman, Khaira Hilmi

Sari


Abstrak
Portal Mahasiswa adalah sistem informasi yang berhubungan dengan kegiatan akademik mahasiswa. Melalui Portal ini mahasiswa STMIK Indonesia Padang dapat melihat jadwal perkuliahan, jadwal pengisian Kartu Rencana Studi, informasi akademik, Informasi Kartu Hasil Studi mahasiswa, biodata dan informasi lainnya yang menunjang civitas akademika STMIK Indonesia Padang. Akan tetapi, Portal Mahasiswa yang diimplementasikan masih ditemukan beberapa masalah sehingga menyebabkan proses kegiatan perkuliahan mahasiswa beberapa diantaranya sedikit terganggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan EUCS dan Importance Peformance Analysis(IPA). Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis kepuasaan pengguna Portal Mahasiswa dan mengetahui sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai Costumer Satisfaction Index (CSI) sebesar 67,82% menunjukkan bahwa mahasiswa cukup puas terhadap kinerja Portal Mahasiswa. Kuadran I IPA yang harus ditingkatkan adalah meminimalisir terjadinya error pada layanan Portal Mahasiswa dan Kuadran II yang harus dipertahankan kinerjanya adalah memberikan informasi yang up to date kepada para pengguna.
Kata Kunci: end user compute satisfication EUCS), importance peformance analysis (IPA), layanan portal mahasiswa

Abctract
Student Portal is an information system related to student academic activities. Through this portal, STMIK Indonesia Padang students can view lecture schedules, schedule for filling out Study Plan Cards, academic information, Student Study Results Card Information, biodata and other information that supports the STMIK Indonesia Padang academic community. However, the Student Portal which was implemented was still found to have several problems, causing the process of student lecture activities to be slightly disrupted. The method used in this research is to use EUCS and Importance Performance Analysis (IPA). The purpose of this research is to analyze the satisfaction of the Student Portal users and find out the information system that suits the user's needs. The results showed that the value of the Customer Satisfaction Index (CSI) of 67.82% showed that students were quite satisfied with the performance of the Student Portal. Quadrant I IPA that must be improved is minimizing the occurrence of errors in the Student Portal service and Quadrant II which must be maintained for its performance is to provide up to date information to users.
Keywords: end user compute satisfication(EUCS), importance peformance analysis (IPA), student service portal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budhi, I. gede kt. T. P., & Sumiari, N. K. (2017). Pengukuran Customer Satisfaction Index Terhadap Pelayanan di Century Gym. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKAJ, 7(1), 25–37.

Dalimunthe, N., & Ismiati, C. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Online Public Access Catalog (OPAC) Dengan Metode EUCS (Studi Kasus: Perpustakaan UIN SUSKA Riau). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 71–75.

Dewa, R., Mazalisa, Z., & Putra, A. (2016). Analisis Kepuasan Pengunaan Terhadap Portal Program Studi Informatika Menggunakan EUCS (End User Computing Satisfaction). ). Palembang: Universitas Bina Darma Palembang.

Ellyusman, S., & Hutami, R. F. (2017). Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus Pada Website Portal Akademik Universitas XYZ Bandung). EProceedings of Management, 4(2), 1385–1404.

Husain, T., & Budiyantara, A. (2018). Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Dan WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna. Jatisi, 4(2), 164–176.

Komara, A., & Ariningrum, H. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manjemen, 2(1), 55–63.

Rohman, F., & Kurniawan, D. (2017). Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan Bencana Menggunakan Metode WebQual 4.0. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(1), 31–38.

Satoto, K. I., Isnanto, R. R., & Masykur, A. (2008). Analisis keamanan sistem informasi akademik berbasis web di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Seminar Nasional Aplikasi Sains Dan Teknologi, 175–186.

Suzanto, B., & Sidharta, I. (2015). Pengukuran end-user computing satisfaction atas penggunaan sistem informasi akademik. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(1), 16–28.

Taufiq, R., Magfiroh, D. A., Yusup, D., & Yulianti. (2020). Analisis dan Desain Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di SMK Avicena Rajeg. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 3(1), 15–21.

Uktutias, S. A. M. (2018). Analisis Tingkat Kepuasaan Pasien Rawat Jalan RSIA NUN Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 4(1), 14–23.

Z F S Putra, Sholeh, M., & Widyastuti, N. (2014). Analisis kualitas layanan website BTKP-DIY menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal Jarkom, 1(2), 92–102.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v6i2.11033

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License