Rancang Bangun Media Praktikum Bahasa Pemrograman Berbasis Web
Sari
Mengajar matakuliah yang berkaitan dengan Bahasa Pemrograman tidak sama seperti mengajar matakuliah teori atau praktik pada umumnya. Saat di dalam kelas, dosen sering berkeliling menjumpai mahasiswa satu per satu untuk mengamati, menerima keluhan, dan mengoreksi kode program yang dibuat oleh mahasiswa, sehingga waktu untuk praktikum banyak terpakai oleh dosen untuk kegiatan berkeliling dan menjadi tidak efisien untuk proses belajar mengajar. Kesulitan itu juga sangat dirasakan mahasiswa saat pembelajaran dilakukan secara daring (online) akibat pandemic Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media praktikum berbasis web yang dapat memudahkan mahasiswa dan dosen dalam belajar Bahasa Pemrograman secara daring (online). Model pengembangan menggunakan waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain, pembuatan kode program, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media praktikum Bahasa Pemrograman berbasis web dapat digunakan sebagai opsi dalam pembelajaran bahasa pemrograman tertentu secara daring (online).
Teaching programming languages courses is not the same as teaching theoretical or practical courses in general. Lecturers often go around to meet students one by one to serve, receive complaints, and correct program codes made by students. Therefore, a lot of time during the practicum class is used for traveling activities and it becomes inefficient for the learning process. Students also felt this difficulty when doing online learning process because the Covid-19 pandemic. Based on these problems, this study aims to create a web-based practicum media that can make it easier for students and lecturers to learn programming language. This research uses the development of waterfall model which consists of needs analysis, design, programming, testing, and maintenance. The result obtained, the web-based programming language practicum media can be used as an option in learning certain programming languages (online).
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alawiyah, T., Hikmah, A. B., & Simpony, B. K. (2019). Sistem Informasi Data Administrasi Penduduk E-SIDAPI. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 4(2), 189–195. https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i2.5884
Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. Jurnal String (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206–210. https://doi.org/10.30998/string.v3i2.3048
Farlina, Y., & Pribadi, D. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Publik di Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi Berbasis Website. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 5(2), 180–186. Retrieved from https://sipp.menpan.go.id/sektor/kependudukan-dan-pencatatan-sipil/produk-kependudukan-dan-pencatatan-sipil-di-indonesia-1
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
Mazia, L., Hasanah, A., Pujiastuti, E., & A.R, S. R. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Jasa Berbasis Desktop Pada Le Nori Laundry Depok. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 5(2), 145–154.
Mubarak, A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman PHP (PHP Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(1), 19–25. https://doi.org/10.33387/jiko.v2i1.1052
Setiyawati, N., & Hariyanto, M. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Perizinan Surat Tugas dan Reimbursement Berbasis Web. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 5(2), 213–220.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Widaningsih, S., & Suheri, A. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Data Bank Sampah Berbasis Web di Kabupaten Cianjur. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 4(2), 171–181. https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i2.6489
Yuliandari, D., Wijayanti, D., Kurniawan, K., & Komalasari, Y. (2020). Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Dengan Model Waterfall Pada Yayasan As-Sabiquun. Bina Insani ICT Journal, 7(1), 83–94.
DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v6i1.10487
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT