Analisis Keranjang Belanja Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori

Retno Sari, Ratih Yulia Hayuningtyas

Abstract


Data pada transaksi penjualan dapat diolah menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui perilaku konsumen. Informasi ini dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk memudahkan dalam proses stok barang, analisis, retensi pelanggan dan deteksi penipuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku pembeli pada keranjang belanja untuk mengetahui menu makanan pada restoran yang diminati. Analisis keranjang belanja ini dilakukan dengan mengimplementasikan algoritma apriori untuk mengetahui aturan asosiasi pada setiap itemset, pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan aturan kombinasi 3 itemset. Pada penelitian ini ditentukan untuk nilai support minimumnya sebesar 20% dan nilai minimum confidencenya sebesar 50%. Didapati bahwa konsumen sering membeli gurame bakar, kangkung, karedok, tahu goreng (isi 5pcs), tahu ondel (isi 5pcs), toge cah bawang putih.


Full Text:

PDF (46-51)

References


Aditya, Marisa, F., & Purnomo, D. (2016). Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.31328/jointecs.v1i1.408

Fajri, A. F. (2016). Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menetukan Program Studi Yang Diambil Mahasiswa. Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 81–85. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.402

Gama, A. W. O., Putra, I. K. G. D., & Bayupati, I. P. A. (2016). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menemukan Frequent Itemset Dalam Keranjang Belanja. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 15(2), 21–26. https://doi.org/10.24843/mite.1502.04

Han, J., & Kamber, M. (2006). Data Mining: Concepts and Techniques (Second Edi). Elsevier.

Rodiyansyah, S. (2015). Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan. Infotech Journal, 1(2), 236599.

Sholik, M., & Salam, A. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas. Techno.COM, 17(2), 158–170.

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), Vol 4, No.(September), 1–4.

Silvia, L., & Sundari, J. (2020). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Impor Barang Pada PT . Pada Mandiri Sakti. Processor, 15(1), 54–61.

Tampubolon, K., Saragih, H., & Reza, B. (2013). Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-alat Kesehatan. Majalah Ilmiha Informasi Dan Teknologi Ilmihan (INTI), 1(1), 93–106. https://doi.org/10.1017/S0079497X00014341

Valerian, A., & Hakim, L. (2018). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Prediksi Stok Peralatan Tulis Pada Toko XYZ. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, V(1), 18–22.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v9i1.9999

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License