SISTEM INFORMASI KELUHAN PELANGGAN BERBASIS WEBSITE

Sally Nurlita Zaman, Nita Merlina, Nurajijah Nurajijah

Abstract


Layanan terhadap pelanggan merupakan aspek penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan dibutuhkan loyalitas pada implementasi pelayanan agar tercipta kesan yang baik untuk perusahaan. Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk selalu memberikan perbaikan-perbaikan dalam setiap aspek. Mengabaikan komplain tidak hanya menyia-nyiakan kesempatan emas, tapi juga dapat menjadi ancaman bagi perusahaan. Maka dapat disadari bahwa komplain pelanggan adalah suatu hal yang harus diperhatikan, begitu juga bagaimana kita menanggapi komplain pelanggan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi keluhan pelanggan dengan menerapkan pelayanan yang sistematis, terintegrasi, serta terukur. Sistem penanganan keluhan pelanggan mengimplementasikan metode pengembangan sekuensial linier (waterfall). Tahap yang dilakukan yaitu analisis kebutuhan sistem, desain, pengkodean dan uji sistem. Sistem yang dihasilkan dapat memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhannya terhadap kendala yang terjadi dan membantu perusahaan dalam menanggapi keluhan secara sistematis.


Full Text:

PDF (36-45)

References


Hidayat, H., Hartono, & Sukiman. (2017). Pengembangan Learning Management System (LMS) untuk Bahasa Pemrograman PHP. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 5(1), 20–29.

Hidayat, R. (n.d.). Cara Praktis Membangun Website Gratis. Elex Media Komputindo.

Kusuma, A. B., & Yulianto, L. (2013). Pembuatan Website Monitoring Keluhan Pelanggan Pada PT. Telkom Unit Layanan Ngadirojo. Indonesia Journal on Networking and Security, 3(4), 1–9.

Nofyat, Ibrahim, A., & Ambarita, A. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 3(1). https://doi.org/10.36549/ijis.v3i1.37

Nurajijah, & Indriani, K. (2017). Implementasi Model Waterfall Pada Pembangunan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Yapipa Serpong Utara. TECHNO Nusa Mandiri, 14(2), 77–82. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/480

Rohman, H., & Aminaa, T. N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Posyandu Lansia. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan (J-MIAK), 01(02), 1–6.

Saputra, G. (2016). Pengembangan Sistem Penanganan Keluhan Berbasis Web (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). In Tugas Akhir.

Setiawan, R. A. (2010). Sistem Informasi Pengaduan Keluhan Pelanggan Berbasis Web pada PT.PLN (Persero) Ap.Denpasar - Bali. STIKOM Surabaya, 16(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sundari, J. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering.

Yusma, D., Merlina, N., & Nurajijah. (2021). Sistem Informasi Pencarian Rumah Kost Berbasis Web. INTI NUSA MANDIRI, 15(2), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.33480/inti.v15i2.1702 VOL.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v9i1.9636

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License