Penerapan Search Engine Optimization Untuk Meningkatkan Peringkat Website Pada Search Engine Results Page Google (Studi Kasus: www.superbengkel.co.id)

Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan, Ragil Wijianto, Joko Dwi Mulyanto

Abstract


Abstract

The development of internet-based technology has become a media for spreading information which is faster and more efficient than other media, such as print and electronic media. It is what drives a number of business owners to start exploring the digital world by opening websites and social media to promote their businesses. Multi Jaya Press is a company in Banyumas Regency which is engaged in the sale of motorcycle press tool and workshop installation services. In the marketing process,, Multi Jaya Press uses media in the form of a website which is located at www.superbengkel.co.id. The use of the website is still not optimal for searching several targeted keywords, thus the website is difficult to be found by the google search engine organically. Generally, a website owner will make a quick decision to solve this problem using paid Google ads. Although it can appear on the top page of google search, the use of paid Google ads will cost a lot of money. It is clearly seen when a website uses google ads, it will be labeled as an "advertisement". Therefore, a suitable strategy is needed to increase the position of keywords on the website www.superbengkel.co.id on the Google search page or the Search Engine Results Page (SERP). One of that strategy is the use of Search Engine Optimization (SEO). The result of this research is that the website appears on the start page of Google search with the targeted keywords.

Keywords: Website;Search Engine Optimization;SEO;Google;SERP

Abstrak

Perkembangan teknologi berbasis internet menjadi media penyebaran informasi yang lebih cepat dan efisien dibandingkan media lain seperti media cetak dan elektronik. Hal inilah yang menggerakan sejumlah pemilik bisnis untuk mulai merambah dunia digital dengan membuka website maupun media sosial untuk mempromosikan usaha mereka. Multi Jaya Press merupakan salah satu perusahaan di Kabupaten Banyumas yang bergerak dalam bidang penjualan alat press sepeda motor dan jasa instalasi bengkel. Dalam pemasarannya, Multi Jaya Press menggunakan media berupa website yang beralamat di www.superbengkel.co.id. Penggunaan website ini pun masih belum optimal, terutama dalam pencarian beberapa kata kunci yang ditargetkan. Hal ini menyebabkan website sulit ditemukan oleh mesin pencari google secara organik. Umumnya, seorang pemilik website akan mengambil keputusan secara cepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan iklan berbayar dari google. Meskipun dapat tampil di halaman teratas pencarian google, akan tetapi penggunaan iklan seperti ini akan memakan biaya yang tidak sedikit. Terlebih ketika sebuah website menggunakan iklan dari google, maka akan dilabeli ‘iklan’ yang memungkinkan pengguna google lain tidak mau mengunjungi website tersebut. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang cocok untuk menaikkan posisi kata kunci pada website www.superbengkel.co.id di halaman pencarian google atau Search Engine Results Page (SERP), salah satunya dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Hasil dari penelitian ini adalah website muncul di halaman awal pencarian google dengan kata kunci yang ditargetkan.

Kata Kunci: Website;Search Engine Optimization;SEO;Google;SERP


Full Text:

PDF (28-39)

References


Abdurrahman. 2014. Analisis Pengaruh Kata Kunci Kompetitif Pada Search Engine Optimization (SEO) Terhadap Pemasaran Online Untuk Produk Notebook. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Universitas Gunadarma Vol 19, No 3. Hal 73-80.

Aini, Addinda Qorri dan Joni Dwi Pribadi. 2017. Pembuatan Website Menggunakan Cms Wordpress Sebagai Media Promosi Pada Rumah Crochet Batu. Jurnal Aplikasi Bisnis Vol 3, No 1. Hal 287-292.

Himawan, dkk. 2015. Analisa Pengaruh Penggunaan Search Engine Optimization (SEO) Pada Website E-Commerce. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia 2-3 November 2015.

Novianto, Iik. 2013. Perilaku Penggunaan Internet di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif tentang Perilaku Penggunaan Internet di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (FISIP Unair) dengan Perguruan Tinggi Swasta (FISIP UPN) untuk Memenuhi Kebutuhan Informasinya). Jurnal Libri-Net Vol. 2 – No. 1 / 2013-01.

Riyanto, Andi Dwi dan Purwadi. 2016. Penerapan Teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk Memenangkan Persaingan Kata Kunci pada Mesin Pencari Google (Studi Kasus: Paguyuban Pengrajin Alas Kaki SIMBA Purwokerto, Banyumas). JUITA: Jurnal Informatika Vol. IV Nomor 2. Hal 59-65.

Sutanto, Felix Andreas dan Sri Mulyani. 2015. Implementasi Search Engine Optimization (Seo) On Page Pada Web Umkm Batik Dan Handicraft. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (Sendi_U), Kajian Multi Disiplin Ilmu untuk Mewujudkan Poros Maritim dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat.

http://www.alexa.com/topsites/countries/ID, diakses 1 Juni 2020

https://www.similarweb.com/top-websites, diakses 1 Juni 2020




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i2.9172

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License