Aplikasi Pepak Bahasa Jawa Berbasis Android

Afit Muhammad Lukman

Abstract


Pada dasarnya mobile phone dirancang untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi jarak jauh agar lebih efisien. Pemanfaatan dari teknologi tersebut digunakan untuk keperluan berbagai bidang dengan aplikasi yang dapat mendukung penggunanaya. Untuk mempermudah pengguna dalam proses pembelajaran bahasa dan budaya Jawa maka diperlukan aplikasi yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas bagi pengguna sehingga diharapkan mampu memberikan informasi yang actual tentang kosakata dan proses belajar yang baik. Metode penelitian yang dilakukakn adalah bersifat kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi pustaka. Unit penelitian ini adalah masyarakat umum khususnya masyarakat Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga aplikasi Pepak Bahasa Jawa berbasis android. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memberikan respon yang baik terhadap penggunaan aplikasi edukasi berbasis android ini pada kehidupan sehari-hari. Selanjutnya aplikasi edukasi berbasis android ini berdampak positif dan signifikan terhadap pengguna dalam proses belajar bahasa dan budaya Jawa. Dampak secara simultan lebih besar dibandingkan secara parsial. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa keberadaan aplikasi edukasi berbasis android ini sangat membantu pengguna dalam Proses belajar bahasa dan budaya Jawa.

 

Kata kunci: Mobile Phone, Android, Bahasa dan Budaya Jawa

 


Full Text:

PDF (56-63)

References


Harison, & Syarif, A. (2016). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN SARANA PRASARANA Jurnal TEKNOIF ISSN : 2338-2724. Jurnal TEKNOIF.

Kusniyati, H., & Pangondian Sitanggang, N. S. (2016). APLIKASI EDUKASI BUDAYA TOBA SAMOSIR BERBASIS ANDROID. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA. https://doi.org/10.15408/jti.v9i1.5573

Nugroho, D. A., Harmastuti, & Uminingsih. (2017). Membangun Game Edukasi “Matematika Maze” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Statistika Industri Dan Komputasi.

Utomo, Y. B., Herlawati, & Sihombing, E. G. (2015). Animasi Interaktif Pengenalan Pakaian Adat Tradisional Pada Smp Pgri 1 Bekasi. Teknik Komputer Amik Bsi.

Wahana Komputer. 2014. Membangun Aplikasi Mobile Cross Menggunakan Phonegap. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i2.8350

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License