PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN JD.ID TERHADAP MINAT KONSUMEN DENGAN METODE TAM

Arief Rama Sena, Muhammad Ifan Rifani Ihsan, Dwiza Riana

Abstract


Studi ini menggambarkan minat pengguna pada situs jual beli online JD.id menggunakan metode Techology Acceptence Model atau yang biasa disebut TAM. Variabel yang digunakan berjumlah 3 yaitu, variabel Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease Of Use), variabel Kemanfaatan (Perceived Usefulness), variabel Kepercayaan (Trust), dan Variabel Minat dan Perilaku Pengguna (Behavioral Intention to Use). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, dimana dalam regresi linier berganda menggunakan beberapa pengujian yang berguna untuk memperoleh hasil yang diharapkan dari kuesioner yang akan disebarkan kepada responden, diantaranya adalah pengujian validitas, pengujian reliabilitas, pengujian normalitas, pengujian multikolinearitas, pengujian heteroskedastisitas, dan pengujian T untuk menguji hipotesis yang telah dijabarkan sebelumnya. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel dependen dengan variabel dependen. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran pertanyaan yang harus dijawab oleh responden yang berjumlah 50 orang yang pernah mengunjungi situs jual beli online JD.id berupa kuesioner dengan skala Likert yaitu kuesioner dengan 5 buah pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel tidak terikat (independent) yaitu kemanfaatan (Perceived Usefulness), kegunaan (Perceived Ease Of Use ),  dan kepercayaan (Trust), memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat (dependent) yaitu minat perilaku penggunaan (Variabel Behavioral Intention to Use)  dengan nilai (rSquare) sebesar 21,6%.

Full Text:

PDF (73-83)

References


A. R. M. Kanter, M. Bakri, and I. Koeswahyono, “Keabsahan jual beli atas objek jaminan hak tanggungan oleh bank yang dilakukan tanpa melalui mekanisme lelang,” Perspekt. Hukum2, vol. 17, 2017. [2] D. W. Suci, K. Raharjo, and R. Andini, “EFFECT OF PUBLIC PERCEPTION OF INTEREST USING INTERNET BANKING SERVICE (STUDY IN PT. BANK UOB INDONESIA, SEMARANG),” J. Account., pp. 1–12, 2017. [3] M. R. Abdullah and R. I. Patintingan, “TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM JUAL BELI KOPI SECARA TENDER (STUDI KASUS KECAMATAN LATIMOJONG KABUPATEN LUWU),” J. Islam. Econ. Law, vol. 3, no. 2, pp. 70–84, 2018. [4] J. B. Karay, I. Sembiring, and H. D. Purnomo, “PEMETAAN BERBAGAI PERMASALAHAN DALAM SECURITY E-COMMERCE,” Pros. Semin. Nas. GEOTIK 2017, pp. 146–156, 2017. [5] A. Gafar, “Penggunaan Internet Sebagai Media Baru dalam Pembelajaran,” Pengguna. Internet Sebagai Media Baru dalam Pembelajaran, vol. 8, no. 2, pp. 36–43, 2008. [6] T. W. Maharidho, A. T. Haryono, and E. H. Wahyono, “PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP CORPORATE CREDIBILTY

Evolusi: Jurnal Sains dan Manajemen Vol 8 No. 1 Maret 2020 ISSN:2338-8161 E-ISSN: 2657-0793

DAN BEHAVIORAL INTENTION PADA APLIKASI STREAMING MUSIK SPOTIFY (Studi kasus pada pengguna Spotify di Semarang),” J. Manage., vol. 4, 2018. [7] A. M. Putri, T. Amelia, and R. Santoso, “POLA PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP PRESENSI RFID STIKOM SURABAYA MENGGUNAKAN UTAUT 2,” Jsika, vol. 6, no. 3, pp. 1–7, 2016. [8] J. R. Assa, L. Kalangi, and W. Pontoh, “PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MANADO,” J. Ris. Akunt. Going Concern, vol. 13, no. 4, pp. 516–522, 2018. [9] J. A. Juara et al., “PENGARUH TOTAL ASSETS TURNOVER(TATO), NET PROFIT MARGIN(NPM) DAN DEBT TO EQUITY RATIO(DER) TERHADAP PERUBAHAN LABA DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN TAHUN 2012-2017,” J. AKRAB JUARA, vol. 4, no. 2, pp. 67–76, 2019. [10] A. Kurniawan, K. P. Utomo, and I. Emita, “Penerapan Motivasi Kerja Sebagai Ciri Kualitas Pegawai Untuk Mendorong Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Pelayanan Kecamatan Bekasi Utara,” J. Adm. dan Kesekretarisan, vol. 3, no. September, pp. 95–105, 2018. [11] T. Syahputra, J. Halim, and K. Peranginangin, “Penerapan Data Mining Dalam

Memprediksi Tingkat Kelulusan Uji Kompetensi (UKOM) Bidan Pada STIKes Senior Medan Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,” J. Sains dan Komput., vol. 17, no. 1, pp. 1–07, 2018. [12] M. D. Atuti, A. T. Haryono, and M. M. Warso, “ANALISIS PENGARUH REKRUITMEN KEMAMPUAN, KEPRIBADIAN, MOTIVASI, KOMITMEN TERHADAP KINERJA SDM PADA PT BINA JASA SUMBER SARANA,” J. Manaj., pp. 1–7, 2017.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i1.7610

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License