Analisa Sentimen Review Hotel Menggunakan Algoritma Support Vector Machine Berbasis Particle Swarm Optimization
Abstract
Keywords: Sentiment Analysis, Review, Support Vector Machines, Particle Swarm Optimization
Abstrak - Hotel merupakan salah satu produk pariwisata yang sangat penting untuk dipertimbangkan baik dari segi fasilitas, pelayanan ataupun jarak tempuh perjalanan wisata. Saat ini sudah banyak website wisata yang menyediakan fasilitas untuk pengguna internet menuliskan opini dan pengalaman pribadinya secara online. Analisa sentimen atau opinion mining merupakan salah satu solusi mengatasi masalah untuk mengelompokan opini atau review menjadi opini positif atau negatif secara otomatis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Support Vector Machine. SVM mampu mengidentifikasi hyperplane terpisah yang memaksimalkan margin antara dua kelas yang berbeda. Nilai akurasi yang dihasilkan akan menjadi tolak ukur untuk mencari model pengujian terbaik untuk kasus klasifikasi sentimen. Evaluasi dilakukan menggunakan 10 fold cross validation. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai akurasi sebesar 5.61% untuk algoritma Support Vector Machine dari 91.33% menjadi 96.94% setelah penerapan seleksi fitur Particle Swarm Optimization.
Kata Kunci: Analisa sentimen, Review, Support Vector Machines, Particle Swarm Optimization
Full Text:
PDFReferences
Basari, A. S. H., Hussin B., Ananta, I.G. P., & Zeniarja, J. 2013. Opinion Mining of Movie Review using Hybrid Method of Support Vector Machine and Particle Swarm Optimization. Procedia Engineering, 53, 453-462. doi:10.1016/j.proeng. 2013.02.059
Dhande, L. L., dan Patnaik, G. K., 2014. Analyzing Sentiment of Movie Review Data using Naive Bayes Neural Classifier. International Journal of Emerging Trends & Technology in Computer Science (IJETTCS), vol (3) Issue 4. ISSN 2278-6856.
Fawcett, Tom. 2005. An introduction to ROC Analysis. Pattern Recognition Letters, 27, 861-874. doi:10.1016/j.patrec.2005.10.010
Gencosman, B. C., Ozmutlu, H. C., dan Ozmutlu, S. 2014. Character n-gram application for automatic new topic identification. Information Processing and Management, 50, 821-856. doi:10.1016/j.ipm.2014.06.005
Ghiassi, M., Skinner, J., dan Zimbra, D. (2013). Twitter brand sentiment analysis: A hybrid system using n-gram analysis and dynamic artificial neural network. Expert Systems with Applications, 40, 6266-6282. doi:10.1016/j.eswa.2013.05.057
Haddi, E., Liu, X., dan Shi, Y. (2013). The Role of Text Pre-processing in Sentiment Analysis. Procedia Computer Science, 17, 26-32. doi:10.1016/j.procs.2013.05.005
Han, J., & Kamber, M. 2007. Data Mining Concepts and Techniques. San Francisco: Diane Cerra.
Kang, H., Yoo, J.S., dan Han, D. 2012. Senti-lexicon and improved Naive Bayes algorithms for sentiment analysis of restaurant reviews. Expert Systems with Applications, 39, 6000-6010. doi:10.1016/j.eswa.2011.11.107
Kontopoulos, E., Berberidis, C., Dergiades, T., dan Bassiliades, N. 2013. Ontology-based sentiment analysis of twitter post. Expert Systems with Applications, 40, 4065-4074. doi:10.1016/j.eswa.2013.01.001
Medhat, W., Hassan, A., dan Korashy, H. 2014. Sentiment analysis algorithms and applications: A survey. Ain Shams Engineering Journal. doi:10.1016/j.asej.2014.04.011
Mitra, V., Wang, C. J., dan Banerjee, S. 2007. Text classification: A least square support vector machine approach. Applied Soft Computing, 7, 908-914. doi:10.1016/j.asoc.2006.04.002
Moraes, R., Valiati, J. F., dan Gavião Neto, W. P. 2013. Document-level sentiment classification: An empirical comparison between SVM and ANN. Expert Systems with Applications, 40(2), 621–633. doi:10.1016/j.eswa.2012.07.059
Patil, G., Galande, V., Kekan, V., dan Dange, K. 2014. Sentiment Analysis using Support Vector Machine. International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering.
Taylor, E. M., Velasquez, J. D., Marquez, F. B., dan Matsuo, Y., 2013. Indentifying Customer Preferences about Tourism Products using an Aspect-Based Opinion Mining Approach. Procedia Computer Science, 22, 182-191. doi:10.1016/j.procs.2013.09.094
Ye, Q., Zhang, Z., dan Law, R. 2009. Sentiment classification of online reviews to travel destinations by supervised machine learning approaches. Expert Systems with Applications, 36(3), 6527–6535. doi:10.1016/j.eswa.2008.07.035
Zhang, Z., Ye, Q., Zhang, Z., & Li, Y. 2011. Sentiment classification of Internet restaurant reviews written in Cantonese. Expert Systems with Applications, 38(6), 7674–7682. doi:10.1016/j.eswa.2010.12.147
Zhang, L., Hua, K., Wang, H., Qian, G., dan Zhang, L. 2014. Sentiment Analysis on Reviews of Mobile Users. Procedia Computer Science, 34, 458–465. doi:10.1016/j.procs.2014.07.013
Akh. Fajar Rahman, Anton Triyantoro, Suradi. Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Konsumen Menginap Kembali. Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016
Desi Supriyati Pembangunan Sistem Informasi Apotek Dharma Sehat Donorojo. Vol 2, No 1 (2016): IJSE 2016
Muhammad Arsyad. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Calon Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK Banjarbaru Dengan Metode Weighted Product (WP). Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Bianglala Informatika 2016
Rahmat Hidayat. Menentukan Promosi Jabatan Karyawan Dengan Menggunakan Metode Profile Matching Dan Metode Promethee. Vol 2, No 1 (2016): IJSE 2016
Nika Nofiana. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemberian Ijin Usaha Penambangan Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Kab. Pacitan. Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Speed 22 – 2014
Riesda Ganevi, Bambang Eka Purnama. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 1 Pacitan. Vol 6, No 4 (2014): Jurnal Speed 24 – 2014
DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v4i2.697
ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)