PENGEMBANGAN APLIKASI INFORMASI PARIWISATA YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID SEBAGAI UPAYA MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR
Abstract
Perkembangan teknologi informasi khususnya pada perangkat mobile dewasa ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Lebih jauh lagi penggunaan perangkat mobile dalam akses internet telah menggeser dominasi penggunaan komputer desktop (pc, laptop, netbook). Dari perspektif e-marketing fenomena ini merupakan bentuk peluang pasar baru yang perlu mendapat perhatian. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak objek wisata yang merupakan aset strategis karena dapat menopang pendapatan daerah dari kunjungan para wisatwan. Upaya mempromosikan objek wisata tersebut dilakukan melalui berbagai cara (saluran), salah satunya adalah menggunakan internet sebagai media. Banyaknya situs web pariwisata yang menyajikan informasi wisata di Yogyakarta merupakan suatu bentuk dukungan dalam mempromosikan objek wisata di Yogyakarta. Meskipun begitu, fenomena pertumbuhan pengguna perangkat mobile juga perlu dipertimbangkan untuk memperluas jangkauan pasar dalam mempromosikan pariwisata.Pengembangan aplikasi mobile diperlukan guna menjangkau pengguna perangkat mobil. Dengan aplikasi ini diharapkan para pengguna perangkat mobile dapat lebih mudah mengakses informasi pariwisata. Selain itu optimalisasi fitur-fitur dalam perangkat mobile juga akan memudahkan pengguna karena dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pengelola objek wisata dan menciptakan transaksi pada saat itu juga.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif sedangkan untuk pengumpulan data digunakan metode studi pustaka. Penelitian ini menghasilkan aplikasi mobile berbasis Android yang dapat digunakan oleh pihak-pihak terkait sebagai upaya memperluas sasaran pasar pada pengguna perangkat mobile. Aplikasi Informasi Wisata Yogyakarta dapat dipasang pada perangkat berbasis Android dan pengguna dapat mengakses informasi objek wisata serta berkomunikasi dengan pengelola objek yang bersangkutan.
Keywords : e-marketing, aplikasi mobile, android, pariwisata, yogyakarta.
Keywords : e-marketing, aplikasi mobile, android, pariwisata, yogyakarta.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v1i1.636
ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)