PERANCANGAN ANIMASI DONGENG UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI GUNA MELATIH KECERDASAN MORAL DAN LINGUISTIK

Warjiyono - AMIK BSI Sukabumi, Nugroho Agung Prabowo - AMIK BSI Purwokerto

Abstract


Anak usia dini  merupakan masa awal dimana anak umur pra sekolah yang sedang tumbuh kembang baik secara fisik maupun kecerdasan. Sebagai orang tua tentu harus mempunyai pengetahuan serta tindakan untuk membentuk anak menjadi cerdas baik inteletual maupun emosional. Contoh saat anak-anak mendengarkan sebuah dongeng, maka anak-anak sedang melatih linguistiknya, imajinasinya serta menangkap pesan moral dari cerita dongeng tersebut. Dongeng tidak akan luntur oleh perkembangan jaman karena mempunyai peran sebagai pendidikan terutama membentuk karakter anak. Seperti anak-anak pada umumnya suka menonton film kartun, agar dongeng, digemari dan lebih menarik untuk disimak, maka cerita dongeng diangkat kedalam animasi yang didesain dengan menarik, agar pesan dongeng lebih mudah dipahami, diingat dan menarik anak. Animasi dongeng dengan judul Pak Tani dan Si Kancil bertujuan untuk pembelajaran guna melatih kecerdasan moral dan linguistik anak usia dini.   Kata Kunci: Animasi, Dongeng, Kecerdasan Moral, Kecerdasan Linguistik, Anak Usia Dini. 

Full Text:

PDF

References


Al-Qudsy, Muhaimin, dan Ulfah Nurhidayah. 2010. Mendidik Anak Lewat Dongeng. Yogyakarta: Madania.

Asfandiyar, Andi Yudha. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: Mizan.

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Borba Michele. The Step By Step Plan to Building Moral Intelligence. www.micheleborba.com/Pages/7virtues.htm. Dikases 19 Agustus 2014.

Hidayat, Arif (2009). Pengaruh Dongeng Dalam Masa Kanak-Kanak Terhadap Perkembangan Seseorang. Jurnal Studi Gender dan Anak Yingyang Vol. 4 No.2 Juli-Desember 2009. STAIN Purwokerto.

Megawati, Lilis.(2012). Efektifitas Penggunaan Media Fil Aniamsi Terhadap Ketrampilan Menyimak Informatif Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Reposetory.upi.edu. a-research.upi.edu/operator/uploads/s_paud_0702560_chapter1.pdf. Diakses 19 Agustus 2014.

Nugraha, Ratna, Chyntia. 2012. Keefektifan Penerapan Teknik Bercerita Berpasangan Dalam Pembelajaran Apresiasi Dongeng Yang Diperdengarkan.reposetory.upi.edu.a-research.upi.edu/operator/upload/s_ind_0807241_chapter5.pdf. Diakses 19 Agustus 2014

www.niu.edu/facdev/resources/guide/learning/howard_garder_theory_multiple_intelligences.pdf. Diakses 19 Agustus 2014.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v2i2.632

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License