PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN PETA INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Ibnu Dwi Lesmono, Mulyadi Mulyadi

Abstract


Abstract -Development of information and communication technology in this period have a very large role, especially in the field of education. With the influence of technology, learning becomes easier system to be delivered. Therefore, when presenting the information as a medium of information supported with advanced multimedia technology and attractively packed information submitted is expected to be channeled properly and accurately to the recipient. Media Animation is a great solution to simplify the process of delivering information. With animation produces media images, text, audio (voice), animations and videos that interact with each other. Stages in the process of this research is the analysis phase, design, implementation, and testing. The research objective of this report is to facilitate the students of primary school in studying the culture and islands in Indonesia

Keywords: information technology, animation,Multimedia, waterfall, Province

Abstrak –Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi dalam periode ini memiliki peran yang sangat besar, terutama di bidang pendidikan. Dengan pengaruh teknologi, sistem belajar menjadi lebih mudah untuk disampaikan. Oleh karena itu, saat menyampaikan informasi sebagai media informasi didukung dengan teknologi multimedia canggih dan informasi menarik dikemas disampaikan diharapkan akan disalurkan dengan benar dan akurant kepada penerima. Media Animasi adalah solusi yang bagus untuk menyederhanakan proses penyampaian informasi. Dengan animasi yang menghasilkan media gambar, teks, audio (suara), animasi dan video yang berinteraksi satu sama lain. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode waterfall dengan Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang suatu aplikasi multimedia yang dapat membantu guru serta menunjang dalam penyampaian materi pengetahuan mengenai provinsi-provinsi di Indonesia pada tingkat sekolah dasar.

Kata Kunci: informasi, MultiMedia, Animasi, Waterfall, provinsi.


Full Text:

PDF (43-51)

References


Adiwisastra, M. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practise Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Informatika, 2, 205–211. Binanto, I. (2010). Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya Title. Yogyakarta: Andi. Hardiyan, & F. (2017). Animasi Interaktif Berbasis Multimedia Dalam Mempelajari Lagu-Lagu Nasional. Jurnal Swabumi, 5, 142–145. Hendrayudi. (2009). Pengertian Aplikasi. Yogyakarta: Andi. Herliana, A., & Renaldi, A. (2015). Animasi Interaktif Pembelajaran Tari Merak. Jurnal Informatika, 2. Kurniawan, I. (2015). Membuat Metode Pembelajaran dengan Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi. Lesmono, ibnu dwi. (2019). Animasi Berbasis Multimedia Untuk Siswa Berupa Pengenalan Moda Transportasi Dengan Metode Waterfall. Jurnal Swabumi, 7, 20–30. Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor. Bogor: Ghalia Indonesia. Pranowo, G. (2010). Mastering CorelDRAW X4. Yogyakarta: Andi. Pressman, Roger, S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi. Rosa, M. S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika. Saeba. (2008). Modeling dan Animasi Dengan 3D Studio Max 2008 dan 2009. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo. Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi. Suheri, A. (2006). Animasi Multimedia Pembelajaran. Media Teknologi Universitas Surya Kencana Cianjur, 2. Virvou, M. (2005). Combining Software Games with Education: Evaluation of Its Educational Effectivinnes. Journal Educational Technology and Society, 8, 54–65.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v7i2.6311

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License