Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo
Abstract
ABSTRACT - Batik is Indonesia's cultural heritage, almost every region in Indonesia has a batik motif tersendiri.Tak exception of Kulon Progo Regency also has a batik motif of its own, but it is not very well known by a wide audience due to lack of information didapat.Oleh the authors see the importance of media information to promote batik Kulon Progo. With the rapid development of technology and information at this particular time, is very influential on the submission of information both in industry and tourism, the authors think that an effective medium to inform and promote the unique batik Kulon Progo this is through the Internet, by media website. Because the information the website can be spread widely without any restriction area and can be accessed by mudah.Selain it can also be continuously updated information easily and quickly. With the website as a medium of information and promotion of Kulon Progo Regency batik is expected to achieve an activity which is effective and efficient in supporting the production of batik Kulon Progo, so as to improve the economy and tourism of Kulon Progo. It also can help and facilitate the public who want to find batik motifs typical of Kulon Progo with information lengkap.Sedangkan for batik artisans in Kulon Progo through this website they can inform the results of their products, so that their products can be recognized by a wide audience.
Keywords: Website, Batik, Batik Typical, Kulonprogro
ABSTRAK - Batik adalah warisan budaya Indonesia, hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai motif batiknya tersendiri.Tak terkecuali Kabupaten Kulon Progo juga mempunyai motif khas batiknya tersendiri, namun hal ini belum terlalu dikenal oleh khalayak luas dikarenakan kurangnya informasi yang didapat.Oleh karena itu penulis melihat pentingnya suatu media informasi untuk mempromosikan batik khas Kabupaten Kulon Progo ini. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan informasi disaat ini, sangat berpengaruh terhadap penyampaian informasi baik dalam dunia industri maupun pariwisata, maka penulis berfikir bahwa media yang efektif untuk menginformasikan dan mempromosikan batik khas Kabupaten Kulon Progo ini adalah melalui Internet, yaitu dengan media website. Karena dengan website informasi dapat tersebar luas tanpa ada batasan wilayah dan dapat diakses dengan mudah.Selain itu informasi juga dapat terus diperbaharui dengan mudah dan cepat. Dengan adanya website sebagai media informasi dan promosi batik khas Kabupaten Kulon Progo ini diharapkan dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang produksi batik khas Kulon Progo, sehingga dapat meningkatkan sektor perekonomian dan pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Selain itu juga dapat membantu dan memudahkan masyarakat yang ingin mencari motif-motif batik khas Kulon Progo dengan informasi yang lengkap.Sedangkan bagi perajin batik di Kulon Progo melalui website ini mereka dapat menginformasikan hasil dari produk mereka, sehingga produk mereka dapat dikenal oleh khalayak luas.
Kata kunci: Website, Batik, Batik Khas, Kulonprogo
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v3i2.630
ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)