Penentuan Peserta Kursus Berprestasi Untuk Pemberian Penghargaan Menggunakan Metode Topsis Studi Kasus : Lembaga Pendidikan Star Komputer

Narti - STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Asri Wahyuni - STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Eka Puspita Sari - AMIK BSI Jakarta

Abstract


Abstract - Star Computer Education Institute is an educational institution which is engaged in a course of computer education. Institutions of Star computer has many course participants. In terms of quality development achievements of the course participants, this course institutions always give credit for the course participants who excel, in order to enhance the spirit of learning the course participants. Given the limited inventory awards of course participants for each period, the educational institution must determine the selection of course participants through the most prominent and most appropriate test scores. Usually in the determination, the institution only sees the average value of the course certificate, and it is considered inaccurate. Thus, the agency wants to have other factors considered to determine the eligible course participants. The authors propose to use TOPSIS method to determine the most eligible course participants.
.
Keywords: Election of Course Participants, Decision Support System, TOPSIS.

Abstrak – Lembaga Pendidikan Star Komputer adalah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan Kursus komputer. Lembaga Star Komputer memiliki banyak peserta kursus. Dalam hal pencapaian pengembangan kualitas peserta kursus, lembaga kursus ini selalu memberikan penghargaan bagi peserta kursus yang berprestasi, guna meningkatkan semangat belajar peserta kursus. Dengan adanya keterbatasan persediaan penghargaan peserta kursus setiap periodenya, maka lembaga pendidikan harus menentukan pemilihan peserta kursus melalui nilai ujian yang paling menonjol dan paling layak. Biasanya dalam penentuannya, lembaga hanya melihat hasil nilai rata-rata dari sertifikat kursus, dan itu dirasa kurang tepat. Jadi, lembaga menginginkan agar ada faktor lain yang dipertimbangkan untuk menentukan peserta kursus yang berhak mendapat penghargaan. Penulis mengusulkan agar menggunakan metode TOPSIS untuk menentukan peserta kursus yang paling berhak mendapat penghargaan.

Kata Kunci: Pemilihan Peserta Kursus, Sistem Penunjang Keputusan, TOPSIS.

References


Fitriana, dkk. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prestasi Akademik Siswa dengan Metode TOPSIS.Citec Journal, Vol. 2, No. 2, Februari 2015 – April 2015 ISSN: 2354-5771

Gunawan, dkk. (2014).Penerapan Metode Topsis Dan Ahp Pada Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Anggota Baru, Studi Kasus: Ikatan Mahasiswa Sistem Informasi Stmik Mikroskil Medan.ISSN. 1412-0100 Vol 15, No 2, Oktober 2014.

Narti, (2017). Pengambilan Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP Dan Topsis. Jurnal Informatika, Vol. 4, No. 2, September 2017, ISSN: 2355-6579,E-ISSN: 2528-2247.

Hwang C.L, et.al. 1981. Multiple Attribute Decission Making, Methods and Application, Spinger:Verlag.

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20. 2003. Bab 5 pasal 12 ayat 1. “Peserta Didik Berhak Mendapatkan Beasiswa”. Http://sindikker. dikti.go.id/ dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v6i2.4423

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License