Otomatisasi Forklift Menggunakan Sensor Garis

Andrian Eko Widodo - STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract


Abstract - In the industrial world, the need for the transfer of goods from one point to another with the automated system and can work accurately and durable is important. Forklift by following the lines of a robot that can deliver the goods taken from one place to the destination predetermined path in the form of black lines. Forklift uses 1 piece comparator used to follow the line of the track, 1 piece of proximity sensors are used to detect objects in front of the robot and stop when in front of him is no obstacle or passing, with two DC motors to drive the robot and 1 motors DC which serves to move the forklift that was placed at the front, and a switch that serves to restrict the movement of the forklift and the robot. 1 piece microcontroller ATMega8535 which serves as the control center robot control. The programs used in a delivery robot to follow this line written in BASCOM using microcontroller ATMEGA8535. Forklift using the line sensor is a solution to solve the problems in the world of industry in terms of the transfer of goods that are large and heavy. The use of forklifts with this automated system would be more effective and efficient compared with the forklift using a manual system.

 

Keywords: Forklift Sensor Using Line, Robot Carriers Goods.

 

Abstrak - Dalam dunia industri, kebutuhan akan pemindahan barang dari suatu titik ke titik lain dengan sistem otomatis dan dapat bekerja secara akurat dan tahan lama sangatlah penting. Forklift dengan mengikuti garis merupakan sebuah robot yang dapat mengantarkan barang yang diambil dari suatu tempat sampai ke tujuan yang telah ditentukan jalur berupa garis hitam. Forklift ini menggunakan 1 buah comparator yang digunakan untuk mengikuti garis lintasan, 1 buah sensor jarak yang digunakan untuk mendeteksi benda yang ada di depan robot dan berhenti ketika di depannya ada halangan atau yang lewat, dengan 2 buah motor DC untuk menggerakkan robot dan 1 buah motor DC yang berfungsi untuk menggerakkan pengangkat barang yang diletakkan di bagian depan, dan switch yang berfungsi untuk membatasi gerak pengangkat barang dan robot. 1 buah mikrokontroler ATMega8535 yang berfungsi sebagai pusat kontrol kendali robot. Program-program yang digunakan dalam robot pengantar barang mengikuti garis ini ditulis dengan bahasa BASCOM menggunakan mikrokontroler ATMEGA8535. Forklift menggunakan sensor garis ini merupakan sebuah solusi untuk memecahkan permasalahan di dunia industry dalam hal pemindahan barang yang berukuran besar dan berat. Penggunaan forklift dengan sistem otomatis ini akan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan forklift yang menggunakan sistem manual.

 

Kata Kunci: Forklift Menggunakan Sensor Garis, Robot Pembawa Barang.


Full Text:

PDF

References


Andrianto, Heri. 2013. Mikrokontroler AVR ATmega16. Bandung: Informatika Bandung

Budiharto, W. 2012. Robotika. Yogyakarta : C.V ANDY OFFSET.

Budiharto, Widodo dan Sigit Firmansyah.(2010). Elektronika Digital dan Mikroprosesor. Yogyakarta : C.V ANDY OFFSET.

Daryanto, Drs. 2008. Pengetahuan Teknik Elektronika. Jakarta : Bumi aksaraSetiawan,Afrie.2006. 20 aplikasi mikrokontroller ATMEGA8535 &ATMEGA 16 menggunakan BASCOM -AVR .Yogyakarta: ANDI

Denis Tri Priyono, Sukadi, Perancangan Sistem Deteksi Gerak Dengan Sinar Laser Menggunakan Mikrokontroler Atmega 8 Pada Laboratorium Komputer Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan, Vol 3, No 2 (2011): Speed 10 – 2011

Ernawati, D. 2009. Panduan Penggunaan Diptrace. Jakarta : Institut Sains Dan Teknologi Nasional.

Fajar, Andi.2010. Motor DC. Diambil dari : http://andifajar.com/motor-dc/. (16 maret 2017)

Iswanto.2009. Menjalankan BASCOM AVR. Diambil dari: http://training.umy.ac.id/pluginfile.php/26/mod_folder/content/1/ARTIKEL/MENJALANKAN%20BASCOM%20AVR.doc?forcedownload=1. (22 Mei 2013).

Jatmika, Y. N. 2011. Cara Mudah Merakit Robot. Yogyakarta : FlashBooks

Lingga, W. 2006.Belajar sendiri Pemrograman AVR ATMega8535. Yogyakarta: Andi Offset.

Purnama, Agus. 2012. Limit Switch. Diambil dari: http://elektronika-dasar.web.id/komponen/limit-switch-dan-saklar-push-on/

Purnama, Agus. 2012. Pengertian dan Kelebihan Mikrokontroler. Diambil dari: http://elektronikadasar.web.id/artikelelektronika/pengertian-dankelebihan mikrokontroler/ ( 22 Mei 2013)

Saragih, Heddy Wardony. 2011. Robot Pembawa Barang Mengikuti Garis Dengan Menggunakan Pemrograman Bahasa C. Depok. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma (25 Agustus 2011)

Wijaya, Adi (2004). Macam-macam Sensor. Depok : Gagas Media




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v5i1.1702

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License