SISTEM ABSENSI PEGAWAI BERBASIS RFID

Sindhu Rakasiwi

Abstract


Absensi adalah suatu bentuk pendataan presensi atau kehadiran seseorang atau kedatangan dengan menggunakan alat atau dengan menggunakan sistem. Sistem yang dimaksud disini bisa berupa sistem manual maupun sistem komputer.  Sementara itu perkembangan teknologi komputer yang semakin canggih telah menghadirkan beberapa alat dan teknologi yang dapat digunakan untuk sistem absensi seperti barcode, fingerprint, face detector dan RFID. RFID ( Radio Frequency Identification ) adalah suatu teknologi yang digunakan untuk melakukan identifikasi dan pengambilan data dengan menggunakan barcode atau magnetic card. Dengan kegunaan RFID tersebut dapat digunakan atau diaplikasikan ke suatu Sistem Absensi. Saat ini Kantor XXX masih mengunakan sistem manual untuk sistem absensi pegawai. Sistem manual ini memiliki beberapa kelemahan seperti pencatatan waktu hadir dan pulang yang tidak tepat, membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi kehadiran pegawai dan informasi lain. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun Sistem Absensi Pegawai dengan menggunakan Kartu RFID.


Full Text:

PDF (7-15)

References


Anggraeni, Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani.2017.”PENGANTAR SISTEM INFORMASI”, Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET.

Mahdalena, Ayu dan Sujono. 2021.”MERANCANG ABSENSI ONLINE KANTOR POS DENGAN SISTEM GPS DAN KAMERA MENGGUNAKAN APPSHEET (Tanpa Coding)”, Jombang : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Setiawardana. Ir. Sigit Wasista., dan Delima Ayu Saraswati. 2019.”19 JAM BELAJAR CEPAT ARDUINO Edisi Revisi”, Jakarta : Bumi Aksara.

Sutabri, Tata. 2012.”Konsep Sistem Informasi”, Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET.

Yudhanto, Yudhi dan Abdul Azis. 2019.”Pengantar Teknologi Internet of Things”, Surakarta : Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press).




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v11i2.16592

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License