Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Marketplace dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Retno Sari, Marlina -

Abstract


Dengan pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia mendukung pertumbuhan penggunaan Marketplace sebagai aplikasi berbelanja, didukung dengan factor kebiasaan aktivitas selama pandemic covid-19 yang melakukan aktifitas di dalam rumah. Pelaku usaha untuk meningkatkan penjualannya  membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk mengetahui Marketplace mana yang diminati. Sehingga dibutuhkan sistem pendukung keputusan dalam memutuskan. Metode Simple Additive Weighting (SAW) dinilai metode yang tepat dalam mendukung keputusan karena memiliki beberapa kelebihan. Pada penelitian ini terdiri dari 5 alternatif yaitu shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan blibli. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) didapati shopee memiliki  nilai prefensi 0.980 diikuti dengan tokopedia dengan nilai prefensi 0.973, diurutan ketiga lazada dengan nilai prefensi 0.934 lalu blibli dengan nilai prefensi 0.903 dan yang terakhir bukalapak dengan nilai prefensi 0.864. Disimpulkan dari penelitian ini shopee merupakan Marketplace yang paling diminati.


Full Text:

PDF (59-66)

References


Ahmad, A., & Kurniawan, Y. I. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik Menggunakan Simple Additive Weighting Decision Support System For Best Employee Selection Using. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 1(2), 101–108.

Chaeruddin, S., Sukarsih, I., & Respitawulan, R. (2021). Pemilihan Marketplace Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode MOORA. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 6(2), 149. https://doi.org/10.24114/cess.v6i2.22511

Dina Rosalin, A., & Herfiyanti, L. (2021). Ketepatan Pengembalian Rekam Medis Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), 775–783. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i7.117

Fauziah. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shopee” Dalam Meningkatkan penjualan. Jurnal Abiwara, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.56.2.7

Heriawan, I. G. T., & Subawa, I. G. B. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Bidikmisi Menggunakan Metode Saw-Topsis Di Stahn Mpu Kuturan Singaraja. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 8(2), 116–126. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v8i2.21197

Liesnaningsih, L., Taufiq, R., Destriana, R., & Suyitno, A. P. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Berbasis WEB Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Pondok Pesantren Daarul Ahsan. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(1), 54. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i1.4664

Marbun, E., & Hansun, S. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Dengan Metode Saw Dan Ahp. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(3), 175–183. https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i3.432.175-183

Penta, M. F., Siahaan, F. B., & Sukamana, S. H. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW pada PT. Kujang Sakti Anugrah. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(3), 185–192. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i3.410

Putra, N., Habibie, D. R., & Handayani, I. F. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Pada Tb.Nameene Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Jursima, 8(1), 45. https://doi.org/10.47024/js.v8i1.194

Ristiana, R., & Jumaryadi, Y. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Wedding Organizer Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(1), 25–30. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i1.946

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.

Sembiring, F., Fauzi, M. T., Khalifah, S., Khotimah, A. K., & Rubiati, Y. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Covid 19 menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : Desa Sundawenang). Explore:Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 11(2), 97. https://doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1563

Simanullang, S. K., & Simorangkir, A. G. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Calon Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(9), 472–478.

Wahyudi, Mukrodi, Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). MENGENAL PEMASARAN DIGITAL DAN MARKETPLACE: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53. https://ojs.pseb.or.id/index.php/pkm/article/view/237

Yanto, M. (2021). Sistem Penunjang Keputusan Dengan Menggunakan Metode Ahp Dalam Seleksi Produk. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 167–174. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.161




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v11i1.15410

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License