Aplikasi Edukasi Mengetahui Kepribadian Pada Anak Berbasis Android

Afit Muhammad Lukman, Fahlepi Roma Doni, Budi Sudrajat

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi telepon pintar, perangkat mobile dapat terus dikembangkan untuk membantu manusia dalam berbagai aspek. Seperti dalam aspek pendidikan Android digunakan sebagai metode pembelajaran yang inovatif. Aspek pendidikan merupakan aspek yang dapat kita terapkan di semua kalangan umur baik untuk anak maupun orang tua. Salah satu pendidikan untuk anak yaitu kepribadian dimana kepribadian merupakan ciri khas dari suatu individu dan menjadi tolak ukur satu individu dengan individu lainnya. Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan kepribadian seorang anak. Untuk itulah penulis mencoba menyusun Tugas Akhir tentang media pembelajaran berupa edukasi untuk orang tua dalam pembentukan kepribadian pada anak dengan memanfaatkan teknologi Android, sekaligus menghasilkan Aplikasi Berbasis Android sebagai media pembelajaran alternatif selain buku dan media cetak. Dalam perancangan aplikasi ini penulis menggunakan database mysql, bahasa pemograman java, perangkat lunak basic for android dan penggunaan android sebagai media interface. Serta melakukan pengujian terhadap aplikasi yang telah dibuat. Hasil dari aplikasi ini dengan adanya aplikasi ini diharapkankan dapat membantu orang tua dalam menentukan kepribadian anak dan sikap dalam membimbing anak menurut kepribadiannya.


Full Text:

PDF (86-92)

References


Kurniawan, A. (2022). Pengertian Program – Komputer, Contoh, Kegiatan, Para Ahli. In gurupendidikan.co.id.

Lukman, A. M., Aziella, A. N., & Doni, F. R. (2021). Rumahku Madrasahku Berbasis Android. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.31294/evolusi.v9i2.10750

Panama, Y. A., Eosina, P., & Fajri, H. (2018). Sistem Informasi Pengelolaan Inventarisasi Berbasis Web. Prosiding Seminar …, November.

Rahmat, B., Sasongko, P. E., Nugroho, B., Arifin, Z., & Mindari, W. (2013). Sistem Pertanian Cerdas Berbasis Internet Based Data Acquisition and Control System (Idacs). Seminar Nasional Teknik Informatika (SANTIKA 2013).




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v11i1.15052

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License