SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN STRATEGIC LOCATIONS ADVERTISEMENT PLAN PADA WILAYAH BANYUMAS MENGGUNAKAN METODE AHP

Vadlya Maarif, Ina Maryani, Yustina Meisella Kristania, Ragil Wijianto, Corie Mei Hellyana

Abstract


Promosi merupakan hal terpenting dalam memperkenalkan dan menawarkan suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Target kita harus jelas dan harus tepat agar diperoleh target pasar yang efektif dan efisien. Memasarkan produk baik barang maupun jasa tidak semata-mata untuk memperkenalkan produk kita kepada masyarakat, tetapi bagaimana perusahaan mempengaruhi konsumen melalui desain komunikasi visual. Pemilihan lokasi iklan dinilai salah satu hal yang sangat penting untuk memasarkan produk suatu perusahaan. Ketidakefektifan periklanan dinilai sangat merugikan sutau perusahaan karena tidak efisiensinya harga periklanan terhadap harga pokok penjualan suatu produk. Untuk itu iklan baligho harus ditujukan terutama kepada konsumen dalam pemasangannya. Penerapan AHP (Analytical Hierarchy Process) dalam sistem pendukung keputusan dalam menentukan lokasi pemasangan iklan baligho diharapkan dapat memberikan manfaat pada khususnya dan perusahaan sebagai konsumen pada umumnya agar dapat menentukan alternatif pemasangan baligho yang strategis. Dari empat kriteria yang dipilih yaitu lokasi, akses jalan, fasilitas umum dan hambatan, dapat ditentukan beberapa alternatif lokasi kelayakan yang terbagi menjadi sangat layak, layak dan tidak layak. Penentuan lokasi strategis berdasarkan perhitungan AHP akan dituangkan dalam sebuah aplikasi berbasis web dengan tujuan untuk membantu pelaku bisnis periklanan sebagai penyedia dan sebagai konsumen untuk lebih mudah dan cepat menentukan lokasi strategis baligho yang akan dipasang atau disewakan.

Full Text:

PDF (72-78)

References


Acharya, V., Sharma, S. K., and Kumar Gupta, S. (2018). Analyzing the factors in industrial automation using analytic hierarchy process. Computers and Electrical Engineering, 71, 877-886.

Fitriyani. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di STMIK Atma Luhur Pangkal pinang dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 109-118.

Frieyadie, F., and Ramadhan, S. M. (2018). PenerapanMetode AHP Untuk Membantu Siswa Memilih Jurusan Yang Tepat Di SMK. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(3), 662-667.

Rosiska, E. (2018). Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dalam Menentukan Mitra Usaha Berprestasi. Jurnal RESTI (RekayasaSistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 479-485.

Kyaw, E. E. S., and Lai Lai Win Kyi. (2014). Decision Making System for Job Seeking by Using AHP.Ijccer,2(2), 57-61.

Sri, I., Khotimah, K., and Sari, K. P. (2000). Pemilihan Cafe Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp). Jurnal Management Sistem Informasi Dan Teknologi, 11(3), 287-301.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v10i2.14018

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License