Implementasi Metode Apriori Dalam Menentukan Produk Terlaris

Fatah Nur Falak, Narti Narti, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu optik Batu Mulia yang merupakan salah satu toko optik yang ada di Jakarta, pada toko optik Batu Mulia ini terdapat kegiatan proses jual beli kacamata dan berbagai jenis barang lainnya, banyaknya transaksi penjualan sehari-hari maka data penjualan pun semakin lama akan bertambah semakin banyak. Permasalahan yang ada pada toko ini adalah adanya keinginan pemilik untuk mengetahui produk-produk yang paling laris, agar dapat membantu proses inventory atau persediaan. Data transaksi jika dibiarkan saja, akan menjadi data yang tidak berguna. Peneliti bermaksud untuk membantu dalam mengolah data-data transaksi tersebut agar tidak hanya berfungsi sebagai arsip bagi pemilik toko, melainkan dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan. Peneliti mengambil data transaksi dari optik Batu Mulia dan mengolahnya menggunakan algoritma Apriori, sehingga hasilnya dapat digunakan untuk memaksimalkan persediaan penjualan produk kacamata.


Kata Kunci: SPK; Apriori; Produk

Amri, M. A., & Ningsih, S. W. (2021). Penerapan Data Mining Penjualan Alat Tulis Kantor Menggunakan Algoritma Apriori Di Tiga Balata. KESATRIA, 2(3), 138–146. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/pkm/index.php/kesatria/article/view/74

Andini, Y., Hardinata, J. T., & Purba, Y. P. (2022). Penerapan Data Mining pada Tata Letak Buku Di Perpustakaan Sintong Bingei Pematangsiantar dengan Metode Apriori. JURASIK, 7(1), 13–18. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jurasik/article/view/410

Buulolo, E. (2020). Data Mining Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Deepublish.

Djamaludin, I. (2017). ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. SIMETRIS, 8(November), 671–678. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1566

Prabowo, D., & Ramdani, F. (2020). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI BUKU PADA AMIKOM RESOURCE CENTER. INFOS, 3(1), 8–12. Retrieved from https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/infos/article/view/207

Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori. PIKSEL, d(1), 9–20.

Saputra, R., & Sibarani, A. J. P. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(2), 262–276.

Saragih, S. D. (2021). Analisa Pola Penjualan Alat Pancing Menggunakan Algoritma Apriori. JMApTeKsi, 3(3), 78–83. Retrieved from https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/645

Zulfa, I., Rayuwati, R., & Koko, K. (2020). Implementasi data mining untuk menentukan strategi penjualan buku bekas dengan pola pembelian konsumen menggunakan metode Apriori (studi kasus: Kota Medan) lra. TEKNIKA, 16(1), 69–82. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/ju-tek/article/view/7601

 


Full Text:

PDF (35-41)

References


Amri, M. A., & Ningsih, S. W. (2021). Penerapan Data Mining Penjualan Alat Tulis Kantor Menggunakan Algoritma Apriori Di Tiga Balata. KESATRIA, 2(3), 138–146. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/pkm/index.php/kesatria/article/view/74

Andini, Y., Hardinata, J. T., & Purba, Y. P. (2022). Penerapan Data Mining pada Tata Letak Buku Di Perpustakaan Sintong Bingei Pematangsiantar dengan Metode Apriori. JURASIK, 7(1), 13–18. Retrieved from https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jurasik/article/view/410

Buulolo, E. (2020). Data Mining Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Deepublish.

Djamaludin, I. (2017). ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. SIMETRIS, 8(November), 671–678. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1566

Prabowo, D., & Ramdani, F. (2020). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI BUKU PADA AMIKOM RESOURCE CENTER. INFOS, 3(1), 8–12. Retrieved from https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/infos/article/view/207

Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori. PIKSEL, d(1), 9–20.

Saputra, R., & Sibarani, A. J. P. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(2), 262–276.

Saragih, S. D. (2021). Analisa Pola Penjualan Alat Pancing Menggunakan Algoritma Apriori. JMApTeKsi, 3(3), 78–83. Retrieved from https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/645

Zulfa, I., Rayuwati, R., & Koko, K. (2020). Implementasi data mining untuk menentukan strategi penjualan buku bekas dengan pola pembelian konsumen menggunakan metode Apriori (studi kasus: Kota Medan) lra. TEKNIKA, 16(1), 69–82. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/ju-tek/article/view/7601




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v10i2.12911

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License