Implementasi Metode Prototyping Pada Rancang Marketplace Rumah Kost Berbasis Mobile

Dini Silvi Purnia, Ratningsih Ratningsih, Mumun Surahman, Widhiani Agustin

Abstract


Dalam perkembangan dunia bisnis  di era sekarang, teknologi merupakan peran penting dalam menunjang kebutuhan dengan cepat dan informatif pada berbagai bidang usaha. Kehadiran teknologi sangat membantu para pemilik usaha dalam melakukan inovasi dan pengembangan usahanya. Salah satunya pada bisnis properti terutama untuk komoditi sewa rumah kost. Rumah kost merupakan tempat untuk sewa penginapan atau tempat tinggal sementara. Saat ini sistem yang mewadahi tentang informasi tempat kost mulai dari pencarian sampai pemesanan masih sangat sedikit. Masalah yang sering ditemui terkait pencarian rumah kost yaitu sulitnya akses informasi tempat kost sesuai dengan yang diinginkan, begitu juga bagi para pemilik kost yang kebanyakan melakukan promosi tempat kosnya dengan cara konvensional yaitu menggunakan brosur, flyer, dsb. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah aplikasi marketplace rumah kost berbasis mobile. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metode Prototyping dan memiliki fasilitas pencarian yang sudah terintegrasi dengan google maps, kemudahan dalam melakukan transaksi sewa, dan membantu pemilik kost dalam mengelola maupun memasarkan tempat kosnya secara maksimal. Adapun hasil dari perancangan ini yaitu menjadikan sarana untuk mengefektifkan dan memberikan kemudahan bagi penyewa maupun pemilik dalam pemanfaatan aplikasi rumah kost


Full Text:

PDF (1-11)

References


Abdillah, R., Kuncoro, A., & Kurniawan, I. (2019). Analisis Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android dan Desain Sistem Menggunakan UML 2.0. Jurnal Theorems, 4(1), 138–146.

Alfeno, S., & Devi, R. E. C. (2017). Implementasi Global Positioning System ( GPS ) dan Location Based Service ( LSB ) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek. Sisfotek Global, 7(2), 27–33.

Andriansyah, D. (2016). Sistem Informasi Pendaftaran Event dengan PHP untuk Panduan Skripsi. Cirebon: CV. Asfa Solution.

Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi.

Fridayantie, E. W. M. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Nusa, 5(1), 1689–1699.

Hendini, A. (2016). PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK). Crop Science, 23(2), 201–205.

Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Deepublish.

Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar. Deepublish.

Marakas, G. M., & O’Brien, J. A. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Jakarta: Salemba Empat.

Maulana, I., & Ginanjar, R. (2017). Sistem Informasi Manajemen Kost Berbasis Web. Sistem Informasi, 02(01), 11–19.

Mulyani, S. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Abdi Sistematika.

Muslihudin, M. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Penerbit Andi.

NAFIUDIN, S. E. (2019). Sistem informasi manajemen. Penerbit Qiara Media.

Nur, H. (2019). Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.29407/gj.v3i1.12642

Putra, A. K., Nyoto, R. D., & Sasty, P. H. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private Di Kota Pontianak Berbasis Web. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 5(1), 22–25. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/viewFile/17991/15281

Rachmawati, A. (2017). Membangun Informasi Layanan Umum Rumah Kos Melalui Aplikasi Berbasis Web. Jurnal Ilmiah FIFO, 9(2), 155. https://doi.org/10.22441/fifo.2017.v9i2.009

Ratnasari, A. D., Saputra, A., Gunawan, G., & Sylvia, C. (2019). Rancang Bangun Website Marketplace “E-Salon.” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 213–219. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1591

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Santos, G. B., Pradipta, H., Astiningrum, M., Studi, P., Informatika, T., Informasi, J. T., Malang, P. N., & Keputusan, S. P. (2016). Implementasi metode ahp untuk rekomendasi tempat kost pada aplikasi kost online. Seminar Informatika Aplikatif Polinema.

Triansah, A., Cahyadi, D., & Astuti, I. F. (2016). Membangun Aplikasi Web Dan Mobile Android Untuk Media Pencarian Kost Menggunakan Phonegap Dan Google Maps API. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 58. https://doi.org/10.30872/jim.v10i1.21

Tristianto, C. (2018). PENGGUNAAN METODE WATERFALL UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN PEDESAAN. Gooseberry, XII(01), 41–56. https://doi.org/10.5749/j.cttttv6b.5

Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Deepublish.

Yosephine, S., & Tji, J. (2018). PROGRAM APLIKASI PETA WISATA KABUPATEN BOYOLALI DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v9i1.10145

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License