Analisis Comparative Promotion Iklan iPhone dalam Teori Semiotika

Taat Kuspriyono

Abstract


Abstract  - Iklan pop up di Youtube merupakan salah satu bentuk promosi yang hadir di tengah-tengah masyarakat dengan kelebihan dari sisi audio dan video yang dapat dinikmati oleh panca indera. Kelebihan iklan yang hadir di iklan pop up Youtube memiliki keunian tersendiri bagi para pemirsanya dalam menikmati iklan. Perusahaan sebagai pencipta produk memiliki trik jitu serta daya tarik tertentu dalam mengemas iklannya. Hal ini dilakukan dalam upaya memberikan informasi kepada para pemirsanya agar dapat menerima pesan dengan efektif. Bentuk visual yang dirancangpun memiliki maksud serta makna tertentu yang memiliki pesan khusus dalam sebuah iklan. Penulis melakukan penelitian ini dengan melakukan kajian teori semiotika  yaitu sebuah studi ilmu untuk menganalisis dan mengkaji makna tanda dalam konteks visual dan adegan iklan, dimana iklan yang ditayangkan merupakan suatu cara berkomunikasi dengan para pemirsanya. Tujuan yang diharapkan di dalam penelitian adalah menerjemahkan makna tanda di dalam iklan iPhone yang hadir di pop up Youtube  dan merupakan upaya promosi yang dilakukan oleh Apple Inc. Dalam penelitian ini penulis mengungkapkan makna simbol ataupun tanda visual yang dirancang dalam visual iklan. Penulis menggunakan metode kualitatif dan analisis deskriptif dengan menelusuri tanda-tanda yang ada pada iklan iPhone dari Apple Inc. Hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa makna yang merupakan kelebihan-kelebihan produk Apple dibanding smarphone lain yang berbasis android yang divisualkan dengan gaya comparative promotion yang berisikan komunikasi persuasif untuk membujuk audience agar beralih menggunakan iPhone.

 

Kata Kunci : Apple, Comparative Promotion, Iklan Pop Up Youtube, Semiotika


Full Text:

PDF PDF

References


Burton, Graeme. (2012). Media dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.

Junaedi, Fajar. (2013). Komunikasi Massa Pengantar Teoritis. Yogyakarta: Santusta.

Morissan, A.M.. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta : Penerbit Kencana.

Sobur, Alex. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lantowa, J., Marahayu, N. M., & Khairussibyan, M. (2017). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Pusparisa, Yosepha. (2019, 7 November). Apple Merajai Nilai Pasar Perusahaan Dunia. Diakses pada 29 Januari 2020, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/11/07/apple-merajai-nilai-pasar-perusahaan-dunia.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

https://m.merdeka.com. (2013, 23 September). Apple Perusahaan. Diakses pada tanggal 29 Januari 2020, dari https://m.merdeka.com/apple/profil/.

https://www.youtube.com/watch?v=M675B19Neog




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v20i1.7662

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License