Analisis Strategi Pemasaran Produk di Di YouTube Melalui Subscriber Tertinggi dan Kualitas Tayangan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Taat Kuspriyono

Abstract


Media sosial saat ini memegang peran yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya, baik kategori remaja, dewasa bahkan orang tua. Salah satu media sosial yang ada di masyarakat adalah YouTube, yang menyajikan tayangan dalam bentuk Video. Tayangan yang menyajikan audio visual ini menyajikan berbagai informasi, hiburan, edukasi bahkan juga promosi produk. Kalau dicermati dalam konten YouTube menyajikan tombol “Subscriber”  yang dirancang agar orang berlangganan video di YouTube tersebut. Dengan kata lain semakin banyak pelanggan video maka akan semakin besar pula kemungkinan terjadinya penayangan video tersebut. Dan ini secara otomatis semakin banyak penayangan video maka akan semakin populer video tersebut dan juga akan semakin banyak orang yang melihat promosi dari produk yang ditawarkan. Dengan kualitas tayangan produk yang begitu menarik baik dari segi gambar, suara dan desain membuat kebanyakan orang tertarik untuk membeli produk tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode penelitian survei, dengan membagikan kuesioner kepada beberapa narasumber. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa Strategi Pemasaran Produk dan  Kualitas Tayangan Iklan secara besama-sama memberikan kontribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk.

Kata Kunci: Subscriber, YouTube, Starategi Pemasaran


Full Text:

PDF

References


Helianthusonfri, J. (2012). 88 Cara Inspiratif Cari Uang di Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Helianthusonfri, J. (2016). YouTobe Marketing Panduan Praktis dan LengkapBelajar Pemasaran Lewat YouTube. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kurniawan, Ferdinand Budi & Sanjaya, R. (2011). Cari Duit Dengan Paid Review dan Blogger. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Priyatno, Dwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Yogyakarta : ANDI.

Schmittauer, A. (2018). Vlog Like a Boss. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Tjiptono, Fandy & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.

Widiyanto, M. A. (2014). Statistika Untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan, Agama Kristen & Pelayanan Gereja. Bandung: Kalam Hidup.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.5453

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836, ext. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License