GAYA KOMUNIKASI RELAWAN SERAMBI INSPIRASI DALAM MEMBANGUN MINAT BELAJAR ANAK (Studi Deskriptif Kualitatif Pada SD Dinamika Indonesia Bantar Gebang-Bekasi)

Erita Riski Putri, Aryadillah -, Umar Muhammad

Abstract


Pendidikan formal maupun informal yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan anak, akan menjadi pemacu utama kesuksesan pada masa depan. Dengan begitu, hal ini dapat dilihat dari gaya komunikasinya relawan pegajar. Relawan mempunyai gaya bagaimana mereka berkomunikasi dengan anak untuk membangun minat belajarnya. Dengan latar belakang kawasan sampah serta orang tua yang kebanyakan pekerja sebagai pemulung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi relawan serambi inspirasi dalam membangun minat belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara secara langsung dengan para relawan Serambi Inspirasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gaya komunikasi yang digunakan oleh Relawan adalah The Equalitarian Style yang didukung adanya beberapa aspek gaya komunikasi yaitu Dramatic, Animated Expresive, Open, Relaxed, Attentive, Impression Leaving, Friendly, dan Precise. Pada hasil pembahasan, didapat peningkatan adanya minat belajar anak dengan gaya komunikasi yang dilakukan oleh para relawan Serambi Inspirasi.

Kata kunci: Gaya komunikasi, Relawan, Minat Belajar


Full Text:

PDF

References


Abidah, M.(2012). Kebermaknaan Hidup Seorang Relawan. Jurnal Doctoral Dissertation UIN Sunan Ampel Surabaya Vol. 4, 1-18.

Ahmadi R.(2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Almanshur Fauzan, Ghony Djunaidi.(2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

A.M, Sardiman.(2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ardianto, Elvinaro.(2010). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro.(2017). Komunikasi Organisasi. Tangerang: Universitas Terbuka.

Armando, Nina.M.(2017). Psikologi Komunikasi. Tangerang: Universitas Terbuka.

Bungin, Burhan (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Surabaya: Kencana.

Cangara, Hafied.(2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, John.W.(2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati, Mahmud.(2001). Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta. BPFE

Djamarah, Syaiful.Bahri.(2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Iskandar.(2009). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Kriyantoro, Rachmat.(2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group.

Liaw, Ponijan.(2005). Understanding Your Communication Styles. Bandung: Sidoku Press.

Miflen, FJ dan Miflen, FC.(2003). Simply-Psychology. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Moleong, Lexy.J.(2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy.J.(2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy.J.(2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morrisan.(2013). Teori Komunikasi Tentang Komunikator Pesan Percakapan dan Hubungan (Interpersonal). Bogor: Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurjaman, Kadar.(2012). Komunikasi Public Relations. Bandung: Pustaka Setia.

Prisgunanto, Ilham.(2006). Komunikasi Pemasaran Strategi & Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Saphiere, Dianne Hofner, Babara Kappler Mikk, dan Basma Ibrahim DeVries.(2005). Communications Highwire: leveraging the power of diverse communication styles. Boston: Intercultural Press.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamdinata, Nana Syaodih.(2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sunarto dan Hermawan.(2011). Mix Methodology Dalam Penelitian Komunikasi. Jakarta: ASPIKOM.

Suryabrata, Sumadi.(2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Perkasa Rajawali.

Walgito, Bimo.(1999). Psikologi Sosial Suatu Pengantar, ANDI. Yogyakarta

Widjaja, H.A.W.(2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.5110

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License