Menumbuhkan Minat Siswa SD Terhadap Penemuan Ilmu Melalui Pembelajaran Siswa Aktif yang Memupuk Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif Di Tengah Alam Semesta

Fifit Fitriansyah

Abstract


Proses belajar mengajar adalah bagian dari dunia pendidikan.Sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Pada tingkat sekolah dasar misalnya, anak sedang mengalami pertumbuhan dalam aspek kognitif, afektif, sosial, religi, fisik, dan bahasa. Sehingga anak dituntut untuk aktif dalam berbagai aktifitas belajarnya agar tugas-tugas perkembangan dapat diperolah pada saat anak memasuki usia remaja awal. Untuk itu, cara menimbulkan minat pada siswa SD terhadap penemuan limu adalah dengan cara membangkitkan suatu kebutuhan akan belajarnya; menghubungkan pengalaman yang lampau dengan pengalaman yang baru; memberikan kesempatan untuk mendapat hasil yang lebih baik; memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan informasi dengan atau tanpa bantuan guru.

 


Full Text:

PDF

References


Ari Samadhi, T.M.A., 2010. Pembelajaran Aktif (Active Learning), teaching and learning.

Daradjat, Zakiah, dkk., 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Indrawati dan Wanwan Setiawan, 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD, PPPPTK IPA.

Moentoyah. 1993. “Aspek-aspek Psikologi dalam Kesulitan Belajar pada Anak dan Remaja”. Makalah Seminar Kesehatan Jiwa Semarang.

Oemar, Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pasaribu.I. L. dan Simanjuntak, 1983. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito.

Sardiman A. M, 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: CV. Rajawali.

Slameto, 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumanto, Wasty, 1984. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.

Suryabrata, Sumadi, 1989. Psikologi Pendidikan, Jakarta: CV. Rajawali.

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1990 Jakarta: Balai Pustaka.

Turisina, Qorry, 2006. Bimbingan Guru Melalui Metode Penemuan dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Antusiasme Siswa pada Pelajaran Sains Kelas Lima Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang.

TOT NASIONAL EKSPANSI, 2010. Pembelajaran Aktif di Sekolah-Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.

Uno, Hamzah, B, 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Uzer, Moh. Usman, 2009. Menjadi Guru Profesional Edisi Kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkell, W.S, 1983 Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v17i1.1402

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License