Karakteristik Komunitas Hong di Media Sosial Instagram pada Web 2.0

Ratih Pertiwi

Abstract


Komunitas dikenal sebagai wadah yang memberikan fasilitas berkumpul, bertemu, berogranisasi dengan jumlah peserta secara berkelompok atau lebih dari dua atau tiga orang. Komunitas Hong merupakan fasilitas berkumpul dan bersosialisasi melalui teknologi web 2.0 yakni media sosial. Komunitas Hong bergerak di bidang permainan tradisional yang ada di Indonesia. Karakteristik yang terdapat di media sosial instagram Komunitas Hong antara lain; mengkomunikasikan secara interaktif melalui media  digital terkait informasi, ragam budaya permainan tradisional yang tersebar di Indonesia  dan  ditanpilkan dari feet instagram.media sosial dan web 2.0 didirikan sekitar tahun 2005 untuk mencirikan platform world wide web. Kemunculan media sosial menjadi ekspresi dari perubahan antara waktu kerja dan waktu senggang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dan etnografi virtual. Dengan tujuan melihat dan merasakan secara langsung berdasarkan pengalaman penulis yang dialami dan spesifikasi berdasarkan etnografi komunitas Hong yang berlokasi di Bandung. Maka dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah media sosial instagram pada komunitas Hong memenuhi dari karakteristik sebagai sarana komunikasi yangmampu membangun opini publik dalam  menjembatani antara informasi dan berita yang berhubungan dengan permainan tradisional dan disampaikan melalui media sosial dengan tujuan memberikan konstruksi sosial dari yang menyampaikan informasi( komunikator admin komunitas Hong) dan diterima oleh komunikan (khalayak komunitas) yang berada di dalam ruang siber (media sosial instagram).

Keywords: Karakteristik, Komunitas Hong, Media Sosial, Instagram, Web 2.0


Full Text:

PDF

References


Alyusi, Shiefti, Dyah. (2016). Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial (Edisi Pertama). KENCANA. Jakarta.

Ardianto, Eka & Soehadi, Agus W. (2013). Consumunity Marketing (Strategi Pemasaran Berbasis Komunitas). Prasetya Mulya Publishing. Jakarta.

Ginting, Rahmanita, dkk. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. INSANIA. Cirebon.

Kartini, Yuni. (2020). Media Sosial dan Produktivitas Kerja Generasi Milenial. Guepedia. Bogor.

Mubaraq, Dinul. Fitrah. (2020). Analisis Teks Media (Sebuah Pengantar Riset Jurnalistik). IAIN Parepare Nusantara Press. Parepare, Sulawesi Selatan.

Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Prenadamedia Group. Jakarta.

Nasrullah, Rulli. (2020). Etnografi Virtual (Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Nasrullah, Rulli. (2019). Teori dan Riset Khalayak Media (Edisi Pertama). KENCANA. Jakarta.

Patria, Teguh, Amor. (2014). Telusur Bandung. PT Gramedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v22i2.12953

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License