Penerapan Aplikasi Smart Green Spatial Database untuk Meningkatkan Transaksi Penjualan dalam Bisnis Baru Pembibitan Jamur sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Terdampak Covid-19

Rindra Yusianto, Wisnu Adi Prasetyanto, Herwin Suprijono, Kusni Ingsih

Sari


Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu komoditas yang banyak dijumpai di sejumlah kelurahan di Kota Semarang. Terdapat 18 kelompok tani (poktan) yang fokus budidaya jamur tiram. Ke-18 poktan tersebut tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Jamur Tiram Kota Semarang. Pemerintah Kota Semarang telah mengalokasikan sejumlah dana untuk pengembangan komoditas ini. Namun adanya pandemi COVID-19, muncul sejumlah kendala yaitu pengadaan bibit dan pemasaran hasil panen. Termasuk diversifikasi bisnis baru yaitu pembibitan yang sebenarnya memiliki prospek yang baik di masa pandemi COVID-19 ini. Berdasarkan hasil diskusi dan wawancara dengan anggota poktan Bhumi Rejo Makmur, pandemi COVID-19 berpengaruh terhadap usaha. Selain pemasaran, bibit berkualitas juga sulit didapatkan. Saat ini poktan tidak menggunakan sistem informasi dalam upaya untuk meningkatkan penjualan dan kapasitas produksi masih sangat rendah yaitu sekali proses hanya 100 baglog. Kami menyusun dan mendiseminasikan arsitektur produk teknologi smart green spatial database untuk bisnis baru pembibitan jamur dengan pendekatan basis data spasial. Sebaran pembudidaya jamur, penangkar bibit berkualitas, segmen pasar potensial dan jangkauan pasar digambarkan dalam Geographic Information System (GIS). Sistem pendukung keputusan yang kami transfer teknologi ke mitra dalam bentuk smart green spatial database yang dapat membantu anggota poktan untuk memulai usaha baru pembibitan jamur dengan bersumber database yang valid. Dengan smart green spatial database dapat meningkatkan transaksi penjualan dalam bisnis baru pembibitan jamur sebagai upaya pemberdayaan masyarakat terdampak COVID-19, dari 18 poktan, ada 17 poktan yang siap memulai usaha baru, adanya peningkatan jumlah pemasok bibit menjadi 6 penangkar bibit, dan jangkauan pemasaran mulai terdistribusi ke luar Jawa Tengah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita L, Sagala B, Risanti M, Kurniati M. 2015. Pembuatan Bibit Jamur Tiram Putih dengan Melibatkan Remaja di Desa Situ Ilir (Manufacture of Oyster Mushroom Seeds Involving Teenagers at Situ Ilir Village). Agrokreatif. 1(11):81–87.

Kurniati F, Sunarya Y, Nurajijah R. 2019. Pertumbuhan dan Hasil Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus (Jacq) P. Kumm) pada berbagai Komposisi Media Tanam. Media Pertan. 4(2):59–68.

Suryawati E, Putra RA, Taufik H. 2019. Budidaya Jamur Tiram dan Olahannya untuk Kemandirian Masyarakat Desa Desa Seko Lubuk Tigo secara administratif berada di Kecamatan Lirik , Kabupaten Metode yang digunakan dalam kegiatan ini sesuai dengan diskusi tim abdi. J Pengabdi Kpd Masy. 5(3):358–370.

Tjokrokusumo D, Widyastuti N, Giarni R. 2016. Diversifikasi produk olahan jamur tiram (Pleurotus ostreatus) sebagai makanan sehat. Di dalam: Seminar Nasional Masyarakat Biodiversivikasi Indonesia. hlm 2015–2020.

Umniyatie S, Astuti, Pramiadi D, Henuhili V. 2013. Budidaya Jamur Tiram (Pleuretus.sp) sebagai Alternatif Usaha bagi Masyarakat Korban Erupsi Merapi di Dusun Pandan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman DIY. Inotek. 17(2):162–175.

Yusianto R, Marimin, Suprihatin, Hardjomidjojo H. 2020a. The Route Guidance System using Android-Based Navigation to Determine the Shortest Potatoes Distribution Route. Int Semin Appl Technol Inf Commun. 1(1):320–326.

Yusianto R, Marimin, Suprihatin, Hardjomodjojo H. 2020b. Spatial Analysis for Crop Land Suitability Evaluation : A Case Study of Potatoes Cultivation in Wonosobo, Indonesia. Int Sem Ina Appl Technol Inf Commun. 1(1):313–319.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9500

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9500.g4634

Index by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License