Pendidikan Kesehatan Tentang Personal Hygiene Pada Siswa SMK Al Halim Garut

Udin Rosidin, Nina Sumarni, Iwan Suhendar

Sari


Abstrak

Upaya hidup sehat harus dijalankan oleh masyarakat sesuai dengan program pemerintah yang mengutamakan upaya promotif dan preventif. Program tersebut memerlukan peran semua sektor dan peran serta seluruh masyarakat. Gerakan ini harus dilaksanakan disemua tatanan termasuk institusi pendidikan.  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Halim adalah institusi pendidikan yang mempunyai peranan penting dalam Germas. SMK AL-Halim merupakan sekolah yang berbasis pesantren sehingga seluruh siswanya merupakan santri dipondok pesantren. Pada survey awal yang dilakukan kepada siswa-siswi SMK Al-Halim menunjukan masalah personal hygiene menjadi salah satu permasalahan yang dikeluhkan oleh siswa yang dimungkinkan karena kurangnya pengetahuan siswa. Berdasarkan permasalahan terebut diatas maka perlu dilakukan kegiatan pengabdian tentang peningkatan pengetahuan siswa dalam pelaksanaan personal hygiene di SMK Al-Halim Garut. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa di SMK AL- Halim. Metode yang digunakan adalah  pelaksanaan pendidikan kesehatan tentang personal hygiene. Sebelum pelaksanaan  pendidikan kesehatan dilakukan persiapan sosial untuk membangun komitmen terhadap pelaksanaan pendidikan kesehatan. Kegiatan ini menunjukkan adanya perbedaan rata rata nilai pengetahuan sebelum dan sesudah dilaksanakan pendidikan kesehatan. Kesimpulan dari pengabdian masyarakat adalah adanya peningkatan pengetahuan siswa SMK Al Halim tentang personal hygiene.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Personal Hygiene, Pendidikan Kesehatan.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.9272

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.9272.g4943

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License