Persepsi dan Preferensi Ibu Rumah Tangga Terhadap Sistem Berbelanja Secara Online/online shop

Taswiyah Taswiyah, Ali Imron

Sari


Perkembangan teknologi semakin mempermudah seseorang memperoleh informasi barang/jasa secara cepat, dapat mengetahui harga serta membandingkan dengan penjual lainnya walaupun tempatnya sangat jauh. Keunggulan pasar tradisional terletak pada terjadinya proses penawaran harga secara langsung, keunggulan pasar modern terletak pada diskon, sedangkan keunggulan pada online shop terletak pada kemudahan memperoleh informasi detail produk dan perbandingan harga dengan penjual/penyedia yang lain, melalui internet tanpa harus bertemu. Konsumen memiliki pengalaman berbelanja melalui pelayanan dari penjual/penyedia online shop sehingga mempengaruhi persepsi dan perferensi dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan mengetahu tingkat persepsi dan perferensi ibu rumah tangga terhadap sistem berbelanja secara online/online shop. Metodologi yang digunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis deskriptif untuk menjelaskan observasi, wawancara, dan menilai skoring. Data penelitian diperoleh dari kuesioner bersumber literature. Sample Random Sampling digunakan sebagai pengambilan data.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiansyah, R. (2016), Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli online shop Konsumen, (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia), Jurnal Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.

Haekal, A. dan Widjajanta, B. (2015), Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Oline pada Pengunjung Website Classifieds d IIndonesia, Journal of Business Management and Enterpreneurship Education|Volume 1, Number 1, hal.181-193.

Naomi, A. 2008, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Online Shopping, Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat.

Pride, William. M. Hughes, Robert J, Kapoor Jack.R., Pengantar Busnis (Introduction to business)., Edisi 11, Jakarta, 2014

Putri, M., E. (2016), Pengaruh perilaku konsumen terhadap pembelian oline produk fashion pada zalora Indonesia, Jurnal Sosioteknologi Vol.15 No.2

Sari, C, A. (2015), Perilaku berbelanja online di kalangan mahasiswi antropologi universitas airlangga, Antro Unairdot Net, Vol.IV/No.2 pp.205-216

Sugihartono, Ranang Agung (2007) Pencitraan Lingkungan Dengan Virtual Reality Photography. Jurnal Ornamen, 4 (2). pp. 38-60. ISSN 1693-7724

Utama, D., C. dan Sugiri, A. (2014), Persepsi dan Preferensi Mahasiswa Undip Tembalang untuk Bersepeda Ke Kampus, Jurnal Teknik PWK Volume 3 Nomor 4 2014, Undip Semarang.

Widiyanto, I. dan Prasilowati, S., L. (2015), Perilaku pembelian melalui internet, (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan). Volume 17, Nomor 2 pp. 109-122.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9169

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9169.g4636

Index by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License