Pemberdayaan Aspek Pemasaran, Pembukuan, dan Operasional pada Usaha Kremes Ubi Ibu Atim di Desa Sukatani Melalui Pendekatan Business Model Canvas

Desmonda Theodora, Stephanie Djohan, Augustinus Abdurrahman, Leonard Rozali, Pandu Dwi Putranto, Albert Hasudungan

Sari


Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah mengidentifikasi permasalahan dan solusi bisnis dalam bidang pemasaran, pembukuan, dan operasional dari mitra UMKM yang di dampingi di Desa Sukatani Cianjur Jawa Barat (Kremes Ubi Ibu Atim). UMKM memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian Indonesia, utamanya wirausaha lokal. Namun demikian, salah satu tantangan UMKM di Indonesia adalah kurangnya kapabilitas dalam mengelola bisnisnya secara profesional.. Di Cianjur sendiri ditemukan hambatan pengelolaan bisnis dari sisi pemasaran, pembukuan, dan operasional dari usaha kremes ubi Ibu Atim. Mengidentifikasi masalah dan solusi secara lebih rinci dari ketiga aspek tersebut sangat krusial bagi model bisnis UMKM yang didampingi agar dapat lebih bersaing dan fokus memenuhi ekspektasi pasar lokal. Dalam mengevaluasi dampak model bisnis, pengabdian masyarakat ini  menggunakan pendekatan bisnis kanvas model. Adapun kontribusi dari pengabdian masyarakat selama 6 bulan (Januari -Juni 2020) adalah perbaikan administrasi pencatatan pembukuan tertulis yang periodik, lebih variatifnya strategi pemasaran, dan terbangunnya standar prosedur operasional untuk membuat kegiatan operasional yang terarah, efektif, dan efisien dari mitra bisnis yang didampingi tersebut.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Coes, B. (2014). Critically Assessing The Strengths And Limitations Of The Business Model Canvas. Master of Business Administration Thesis, University of Twente.

Cousins, J, Lillicrap, D, Weekes, S (2017), Food and Beverage Service, Ninth Edition. London: Hodder Education.

Desjardin, Joseph (2014), An Introduction to Business Ethics Fifth edition, New York: McGraw Hill.

Fridson, MS & Alvarez, F, 2011, Financial Statement Analysis: A Practitioner's Guide Fourth Edition, New Jersey : Wiley .

Kumar, V & Reinartz, W, 2018, Customer Relationship Management: Concept, Strategy, and Tools Third Edition, Berlin: Springer.

McCombs School of Business (2018), Utilitarianism. Retrieved from https://ethicsunwrapped.utexas.edu/glossary/utilitarianism

Osterwalder, A & Pigneur, Y (2013), Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers, New Jersey: Wiley.

Robinson , M & Lock, S (2016), Introducing the Business Canvas Model. England: Culturehive.

Sancoko, AH (2016), Strategi Pengembangan Bisnis Makanan dan Minuman pada Depot Time to Eat Surabaya, Agora 3(1).

Tambunan, T. (2008). SME Development, Economic growth, and Government Intervention in a Developing Country: The Indonesian Story, Journal of International Entrepreneurship 6 (4).

Zulkarnaen, RM (2016), Pengembangan Potensi Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pondok Salam Kabupaten Purwakarta, Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat 5(1)




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8465

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8465.g4628

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License