Peningkatan Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintah Kelurahan Limo Depok

Dewi Cahyani Pangestuti, Renny Husniaty

Sari


Peningkatan dan tuntutan masyarakat1akan pelayanan public yang efektif dan efisien menuntut aparatur pemerintah memiliki kinerja yang lebih baik sehingga dapat memberikan pelayanan pada masyarakat.  Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan aparat Kelurahan Limo Depok dengan meningkatkan kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dua kali yaitu pada bulan November 2019 dan Januari 2020 di kantor Kelurahan Limo dengan memberikan pelatihan peningkatan kualitas pelayanan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini, diharapkan ada peningkatan pelayanan yang meliputi 6 indikator kualitas pelayanan, yaitu :      ketepatan waktu pelayanan, akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, kemudahan dalam mendapatkan pelayanan, kenyamanan dalam peroleh       pelayanan dan   atribut pendukung lainnya seperti sarana prasarana. Sesuai dengan hasil pengabdian di lapangan dari ke enam indikator yang menentukan kualitas       pelayanan yang dijadikan tolok ukur untuk mengevaluasi kualitas pelayanan publik agar1memenuhi kepuasan masyarakat, maka masih banyak hal yang harus dibenahi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Saran yang dapat disampaikan yaitu perlu peningkatan disiplin pegawai, perlu adanya bimbingan dan pelatihan yang terus-menerus serta perlu pembenahan dan penambahan beberapa fasilitas kantor untuk menunjang kelancaran aktivitas pelayanan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bawole, D. S., Lengkong, F. D., & Kiyai, B. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 4(32).

Dahri, J., Paranoan, D. B., & Idris, A. (2017). Kinerja Aparatur pada era Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Kantor Camat Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Administrative Reform (JAR), 2(3), 433–444.

Gamal, M. S. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara. Katalogis, 6(2).

Kusuma, A. C., & Suflani, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Dengan Metode Servqual (Service Quality) (Studi Kasus pada Kantor Kelurahan Tembong Kota Serang). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2).

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).

Malau, H. (2009). Menyoal Pelayanan Publik yang Berkualitas di Era Otonomi Daerah. Jurnal Demokrasi, 8(1).

Malik, M. (2018). Penyuluhan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Pengabdian Kepada Masyarakat.

Maryam, N. S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi: Politeknik Kridatama Bandung.

Pertiwi, A., Tasya, S. N., Kuliah, U. M. T. M., Dosen, N., Rahadian, I. A., & Si, M. (n.d.). Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik.

Purwadi, P. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Ensains Journal, 2(2), 113–119.

Rochmah, S. (n.d.). Analisis Reformasi Pelayanan Publik Di Indonesia.

Sá, F., Rocha, Á., & Cota, M. P. (2016). Potential Dimensions For A Local E-Government Services Quality Model. Telematics and Informatics, 33(2), 270–276.

Safira, A. P. (2020). Makalah Etika Aparatur Dalam Memberikan Pelayanan Publik.

Spears, L. C., & Lawrence, M. (2016). Practicing Servant-Leadership: Succeeding Through Trust, Bravery, And Forgiveness. John Wiley & Sons.

Ugaddan, R. G., & Park, S. M. (2017). Quality Of Leadership And Public Service Motivation. International Journal of Public Sector Management.

Wahid, A. (2017). Reformasi Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal TAPIs, 14(1), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8381

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8381.g4625

Index by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License