Pengenalan Bulliying dan Dampaknya Pada Pelaku dan Korban
Sari
Akhir-akhir ini, kita di kejutkan kembali dengan maraknya fenomena bullying, baik yang dilakukan di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah, dimana nampaknya para pelaku ini menikmati tindakannya, yang dibuktikan dengan proses perekaman yang seolah-olah kondisinya telah direncanakan dengan baik. Tanpa mereka sadari, bahwa perilaku bullying dapat memberikan dampak jangka pendek dan juga jangka panjang, khususnya bagi korban bully.
Risiko yang paling berat adalah jika perilaku bully ini menimpa anak-anak, karena mereka akan lebih berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental seperti kegelisahan, depresi yang mungkin akan sulit dilupakan sampai mereka dewasa bahkan yang lebih dikhawatirkan adalah tak jarang mereka yang awalnya adalah korban, suatu saat bisa menjadi pelaku, sehingga memiliki efek berantai yang sulit terputus.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini dimulai dari mencari permasalahan yang umumnya terjadi dikalangan peserta, didiskusikan kemudian dirangkai menjadi solusi.
Permasalahan peserta didapat pada saat diskusi kemudian pemecahan masalah
disajikan pada akhir kegiatan. Hasil kegiatan ini menunjukkan peserta sudah paham akan makna dari bullying, dan dampaknya bagi pelaku maupun korban, sehingga mereka berusaha untuk tidak melakukannya baik terhadap teman di sekolah, di rumah maupun dilingkungan masyarakatTeks Lengkap:
PDFReferensi
Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366
Shidiqi, M. F., & Suprapti, V. (2013). Pemaknaan Bullying pada Remaja Penindas ( The Bully ). Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 2(2), 90–98. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpksd3ed32a0002full.pdf
Yuyarti. (2018). Mengatasi bullying melalui pendidikan karakter. Jurnal Kreatif, 8(2), 168–173. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/viewFile/16506/8397
DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8013
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8013.g4193
Terindex oleh:
dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License