Pelatihan dan Pendampingan Aplikasi Dapodik Paud dan Dikmas Untuk Operator Sekolah Taman Kanak-kanak Al Quran Terpadu (TKA-T) Hayaatul ‘Ilmi, Cimanggis Depok

Henki Bayu Seta, Theresia Wati

Sari


Taman kanak – kanak Al Quran Terpadu (TKA-T) Hayaatul ‘ilmi berdiri mulai tahun 1997 dan bertempat di Kecamatan Cimanggis. Seluruh kegiatan administrasi dan pembelajaran siswa dilakukan secara manual. Hal tersebut menghambat pelayanan administrasi dan layanan terhadap orang tua siswa. Terhitung mulai tahun ajaran 2019/2020 TKA-T Hayaatul ‘ilmi mulai menggunakan aplikasi Dapodik atau Data Pokok Pendidikan. Sistem pendataan dan pengelolaan data-data pendidikan berbasis open source dengan menerapkan sistem basis data terpusat dan berbasis web yang dapat diakses secara daring dan real time. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada TKA-T Hayaatul ‘ilmi, operator sekolah di TKA-T Hayaatul ‘ilmi terdiri dari 1 orang yang juga bertugas untuk memasukkan data sekolah, data peserta didik dan data guru/karyawan ke dalam database server pusat baik secara offline maupun online dan dapat langsung diakses oleh pihak Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten. Metode pelaksanaan kegiatan PKM dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan operator terhadap aplikasi Dapodik. Kegiatan dimulai dari proses instalasi, registrasi, manajemen dashboard sampai dengan pelatihan dan pendampingan pengisian data sekolah, data peserta didik dan data guru/karyawan. Pelatihan dan pendampingan operator dalam menggunakan aplikasi Dapodik dilaksanakan selama 1 bulan, yaitu bulan Februari 2020 sebanyak 1 operator yang didampingi oleh kepala sekolah. Evaluasi kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan secara terus menerus sampai pihak operator memahami bagaimana proses bisnis aplikasi dapodik dan mampu melakukan pengisian data dengan cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dalimunthe, N., Meflinda, A., & Azmi, S. (2014). DATA POKOK PENDIDIKAN DASAR (Studi Kasus: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar). Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 12(1), 122–128.

Hasanah, D. R. (2019). Analisis Peran Operator Sekolah Dalam Manajemen Kesiswaan Di TK Pertiwi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Jember.

Lesmana, C., Arifin, A., & Santoso, D. (2017). Tingkat Pemahaman Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Di Kecamatan Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(2), 184-194.

Sari, A. M. A. (2019). Analisis Peran Guru Tidak Tetap (GTT) Sebagai Guru Kelas dan Operator Sekolah di Kecamatan Sanankulon (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Wijonarto, Sigid Setyo. (2017). Evaluasi Kemampuan “ICT OPERATOR” Dalam Mengisi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Yunis, R., Ibsah, F. L., & Arisandy, D. (2017). Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) pada SD Kabupaten Batu Bara. Jurnal SIFO Mikroskil, 18(1), 71–82.

Zayyana, Rizka. (2016) Peran Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di Madrasah Pembangunan Uin Jakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8003

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.8003.g4630

Index by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License