Pelatihan Public Speaking Kepemanduan untuk Relawan Museum

Yulianti Fajar Wulandari, Yan Bastian, Murtiadi Murtiadi, Mike Indarsih

Sari


Jakarta merupakan kota dengan destinasi wisata museum terbanyak di Indonesia, yakni sekitar 70 museum. Tema dan pengelolaan museum tersebut bervariasi, mulai dari yang bertema umum kesejarahan kota Jakarta sampai ke tema khusus seperti kehutanan, transportasi, bank dan lain sebagainya. Kepemilikan dan pengelolaannya pun bervariasi, mulai dari milik Pemprov DKI Jakarta sampai milik pribadi. Sehingga tiket masuknya pun bervariasi pula, dari yang gratis sampai yang ratusan ribu rupiah. Permasalahan utama museum-museum di Jakarta adalah kurangnya SDM terutama untuk pelayanan seperti pemandu museum. Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI) berupaya mengatasi permasalahan ini dengan menjaring generasi muda milenial untuk menjadi relawan museum. Relawan ini diberi pelatihan teknik berbicara didepan umum (public speaking) dengan materi seputar kepemanduan di museum. Pelatihan ini bertujuan untuk pertama, menjaring generasi muda milenial untuk menjadi relawan museum sebagai pemandu; kedua membekali relawam museum dengan  keterampilan public speaking kepemanduan untuk bergiat di museum; ketiga untuk mengatasi masalah atas kurangnya tenaga pelayanan khususnya pemandu museum. Keterampilan kepemanduan di museum ini juga bermanfaat bagi para relawan dalam menambah pengetahuan dan pengalaman yang mungkin berguna untuk bekerja di bidang kepariwisataan khususnya kepemanduan di museum.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gatta, Grace; Imelda; Yuliazmi; Siswanto. (2020). Pelatihan Pengelolaan Blog untuk Remaja di RPTRA Manunggal Kelurahan Petukangan Selatan. Jurnal ABDIMAS BSI, Vol.3 No.1, Februari, 39-44.

Kemenko PMK. (2018). MUGALEMON, Museum – Galeri – Monumen Jakarta.

Littlejohn, Stephen W; Foss, Karen A. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Meliala, Robbikal Muntaha; Syahril, Romi; Shinta, Martina Rahmi. (2019). Pelatihan Dasar Jurnalistik sebagai Citizen Journalist bagi Remaja Asuhan Ar Ridho. Jurnal SOLMA, Vol.8 No.2, 295-306.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Indonesia. (2015). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2015 Tentang Museum.

Widjajanto, Kenmada (Ed.). (2013). Perencanaan Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Ultimus.

Wulandari, Yulianti Fajar; Gusfa, Henny. (2019). Pemberdayaan Komunikasi Lingkungan Hidup WALHI pada PILEG 2014. Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan (JIKA), Vol.2 No.2, Juli-Desember, 13-31.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7705

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7705.g4607

Index by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License